Jumat, April 19, 2024

Aktivis KontraS Desak Kajati Papua Barat Segera Tetapkan Tersangka Dugaan Tipikor Dana Hibah Kongres Pemuda Katolik

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Aktivis KontraS Papua Barat, Markus Fatem mendesak Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat agar segera menetapkan tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi bantuan dana hibah Provinsi Papua Barat kepada Panitia Kongres Pemuda Katolik Papua Barat Tahun 2021 senilai 3 milyar

“Kami mendesak Kajati Papua Barat dan jajarannya agar segera menetapkan tersangka dugaan korupsi dana hibah Pemprov Papua Barat kepada Pemuda Katolik Papua Barat. Kami mendesak agar para koruptor aliran dana di tubuh panitia Kongres Nasional Pemuda Katolik Papua Barat Tahun 2021 senilai 3 milyar segera ditetapkan sebagai tersangka dan dijebloskan ke tahanan,” ujar Fatem dalam Senin (29/8/2022).

Kata dia, korupsi termasuk kejahatan luar biasa (ekstra ordinary crime) karena bukan saja merugikan uang negara namun juga berdampak pada terhambatnya proses dan  program pembangunan, kualitas pendidikan menjadi rendah sehingga perlu penanganan khusus pula.

“Korupsi itu kejahatan kerah putih yang harus disapu bersih. Tangkap mereka para koruptor itu, sikat habis,” kata Fatem menambahkan dari informasi yang diperoleh pihaknya, bantuan dana hibah Pemprov Papua Barat bagi pelaksanaan Kongres Nasional Pemuda Katolik di Raja Ampat itu diduga juga mengalir ke sejumlah pihak. “Kami memperoleh informasi bahwa dana hibah itu juga mengalir ke sejumlah pihak. Untuk itu, perlu diperjelas agar tidak terjadi saling curiga,” terang Fatem lebih jauh.

Dia juga mengatakan, pihaknya akan selalu mendukung dan berada di belakang jajaran penegak hukum baik Kejaksaan maupun kepolisian dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi di Papua Barat. (KN5)

 

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

3 × 4 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir