Sabtu, Mei 18, 2024

Antisipasi Kelangkaan Komoditas, Dinas Tanaman Pangan Papua Barat akan Salurkan Bibit Gratis

MANOKWARI, Kasuarinews.id –  Untuk mengantispasi kemungkinanan kelangkaan komoditas, Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikult8ra dan perkebunan Provinsi Papua Barat akan menyalurkan bibit grsatis kepada masyakat.  Hal ini disamiakan Kepala Dinas Tanmaan pangan, Holtikultura dan Perkebunan Papua Barat, DR. Ir. Jacob Fonataba, M.Si, Rabu (1/2/2023). “Strategi penyaluran bibit gratis ke masyarakat  merupakan suatu kebijakan langsung dari Pj. Gubernur Papua Barat untuk mengantisipasi kemungkinan kelangkaan komoditas seperti cebe, bawang, dan lainnya,” ungkap Jacob.

Untuk pelaksanaannya kata Jacob, penyalurkan bibit gratis tersebut akan disesuaikan dengan luas lahan yang dimiliki oleh warga masyarakat. “Jadi sebelum pembagian bibit, kita akan hitung terlebih dulu luas lahan masyarakat. Hal itu untuk menghindari jangan sampai ada warga yang menerima bibit gratis tidak sesuai dengan luas lahan yang dimiliki. Misalnya, orang yang tanam di pekarangan rumah tentu butuh bibit yang berbeda dengan orang yang tanam di lahan atau kebun. Jangan sampai yang tanam di pekarangan dapat bibit lebih banyak dari yang punya areal  2 hektar lahan di  kebun. Hal seperti itu harus dihindari. Artinya, luas lahan akan menjadi acuan penyaluran bibit,” jelas Jacob.

Untuk itu, lanjut Jacob, pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten khususnya Petugas PPL untuk mengecek secara langsung ke lapangan lahan yang dimiliki masyarakat sebagai syarat untuk mendapatkan benih gratis. “Pokoknya kita kerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten. Dan Dinas Pertanian di kabupaten akan menggerahkan Petugas PPL untuk turun langsung cek kepemilikan lahan milik warga sebelum mendapatkan benih gratis,” ungkap Jacob. (KN2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

1 × 2 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir