Senin, Juni 17, 2024

Asisten I Setda Papua Barat Sebut ASN Sering Jadi Sumber Malapetaka Saat Pesta Demokrasi

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Asisten I Setda Papua Barat, Robert Richard A. Rumbekwan saat mewakili Gubernur Papua Barat pada kegiatan  Rakor Pelaksanaan Tahapan Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu Tahun 20224 yang diselenggarakan KPU Papua Barat pada Selasa (2/8/2022) di salah satu hotel di Manokwari mengatakan bahwa sudah sangat sering ada oknum-oknum ASN yang menjadi sumber malapetaka dalam setiap pesta demokrasi yang bernama Pemilu.

Hal itu kata Rumbekwan karena oknum-oknum ASN itu tidak paham aturan main sehingga terlibat dalam politik praktis dengan menjadi anggota tim sukses atau tim kerja dari kandidat tertentu baik kandidat anggota legislatif tetapi terutama kandidat kepala daerah baik bupati, walikota maupun gubernur bahkan Presiden.

“PNS itu kadang bikin diri paling hebat dan paling mengerti politik dari lainnya padahal tidak paham apa-apa sehingga semua jadi hancur,” ungkap Rumbekwan.

Menurut dia, seorang ASN harus bangga akan profesinya dengan menekuninya dengan baik dan benar. Artinya, ASN tidak bisa bermain dua kaki. “Tidak mungkin seorang mau jadi PNS tetapi juga jadi politisi. Sudah ada porsi masing-masing. Saya seriang kasih contoh, partai-partai politik ada saatnya menjadi pemenang tetapi ada saatnya juga jatuh. Misalnya Golkar, PDI Perjuangan, Demkrat dan lainnya. Tetapi yang namanya partai Birokrasi tidak pernah akan  hancur. Ini yang belum dipahami benar oleh banyak ASN. Hal itu kadang buat birokrasi juga hancur-hancuran karena oknum-oknum ASN tidak dapat menjaga netralitasnya sebagai ASN saat pesta demokrasi akhirnya ditemukan banyak pelanggaran dalam Pemilu yang melibatkan ASN,” ungkap Rumbekwan.

Untuk itu, mengadapai Pemilu 2024, Rumbekwan meminta para ASN dapat tegak lurus mengikuti aturan main yang berlaku dengan tetap mengambil posisi netral. “Dalam Pemilu, wajib hukumnya seorang PNS itu netral. Itu saja,” tandas Rumbekwan. (KN1)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

5 × one =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir