Senin, Juni 17, 2024

Badan Pertanahan Serahkan 2893 Sertifikat Program PTSL di Mansel

RANSIKI, Kasuarinews.id – Badan Pertanahan Kabupaten Manokwari pada Senin (5/9/2022) menyerahkan 2893 sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL)  di kabupaten Manokwari Selatan. Penyerahan ini dilakukan oleh Asisten I Setda Mansel Syahrial mewakili Bupati Mansel didampingi Perwakilan Kanwil BPN Papua Barat dan Kepala Badan Pertanahan Kabupaten Manokwari, Maizar, S.SiT di ruang pertemuan, kantor Bupati Mansel.

Kepala Badan Pernahan Kabupaten Manokwari, Maizar dalam sambutannya mengatakan bahwa   penyerahan sertifikat di Mansel menjadi bukti kehadiran pemerintah bagi masyarakat. Kata dia, penyerahan sertifikat ini memberikan kepastian hukum bagi pemilik tanah dan dapat memberikan akses ekonomi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Artinya, sertifikat ini dapat digunakan sebagai anggunan untuk melakukan peminjaman kredit di Bank sebagai modal usaha.

“PTSL adalah program strategis Presiden Joko Widodo dengan harapan semua tanah di Indonesia harus terdata dengan baik dan benar. Saya minta agar dapat disampaikan ke bupati Mansel dengan mencontohkan apa yang dilakukan di pulau Jawa di mana ada surat dari Kementrian ke gubernur untuk perintahkan program PTSL dinolkan. Artinya, tidak dipungut biaya. Biaya akan ditarik setelah nah dijual.  Jadi dapat disampaikan ke bupati juga bahwa program PTSL di Mansel dapat dinolkan juga,” ujarnya menambahkan bahwa setelah penyerahan hak atas tanah, masyarakat memiliki kepastian hukum dan dapat menerima manfaat dari hal itu.

Sementara itu, bupati Mansel dalam sambutannya yang diwakili Asisten I Setda Mansel, Syahrial memberikan apresiasi kepada Badan Pertanahan Kabupaten Manokwari. “Penyerahan sertifikat ini patut disyukuri karena sertifikat bagian penting kerena selain punya kekuatan hukum tetapi juga dapat bernilai ekonomi. Yang penting beri kepastian hukum bagi pemegang hak atas tanah. Kami berharap agar ke depan, seluruh tanah di Mansel baik di distrik maupun di kampung-kampung dapat memiliki sertifikat,” tandas Syahrial. (KN2)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

7 + 8 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir