Sabtu, Mei 18, 2024

Balai Diklat UMKM Papua Barat Gelar Pelatihan Menejemen Keuangan bagi Pengelola Koperasi

MANOKWARI, Kasuarinews.id –Pemprov Papua Barat melalui Balai Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)  UMKM menggelar pelatihan manajemen keuangan bagi pengelola koperasi se-Papua Barat. Kegiatan yang berlangsung di salah satu hotel di Manokwari ini dibuka Pj. Gubernur Papua Barat yang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Papua Barat Melkias Werinussa, SE, Selasa (12/12/2022) dan diikuti 180 peserta yang dibagi menjadi 2 angkatan dimana setiap angkatan terdiri dari 90 orang.

Pj. Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw dalam sambutannya yang dibacakan Melkias Werinusa mengatakan koperasi dalam konteks hidup masyarakat Indonesia sudah ada sejak awal terbentuknya negara Republik Indonesia. Hal itu secara eksplisit diatur dalam Pasal 33 ayat 1 UUD Negara Indonesia  yang mengatakan perekonomian disusun  sebagai usaha bersama berdasar pada asas kekeluargaan. Hal itu menyiratkan bahwa koperasi adalah bagian yang tak terpisahkan dari sistem pembangunan nasional.

“Koperasi adalah perkumpulan orang individu dan kelompok yang dengan daya upaya bagaimana mengelola aset ekonomi di sekitarnya untuk untuk mencapai kesejahteraan bagi anggota koperasi sendiri dan orang di sekitarnya.  Dan di jaman sekarang, ada semboyan yang mengatakan koperasi adalah sokoguru pembangunan ekonomi nasional. Dan dalam upaya membina UMKM,  ada koperasi yang beranggotakan masyarakat lokal dengan mengelola potensi ekonomi demi kesejahteraan masyarakat atau anggotanya,” ujar Waterpauw.

Untuk itu, kata Waterpauw, dalam menjalankan koperasi dibutuhkan keterbukaan antara pengurus dengan mengutamakan musyawarah mufakat. “Dan lewat pelatihan keuangan bagi pengelola koperasi ini diharapkan bisa membantu pengurus koperasi agar dapat mengelola keuangan koperasi secara terbuka  dan benar sehingga koperasi bisa maju dan berkembang menjadi lebih mandiri,” ungkap Waterpauw.

Sementara itu, Kepala Diklat UMKM Papua Barat, Agus Nauw S.Sos. M.Si mengatakan bahwa pelatihan menajemen keuangan bagi pengelola koperasi di wilayah Manokwari raya dan Papua Barat umumnya diikuti oleh 180 peserta dan dilakukan secara bertahap dalam dua angkatan.

“Pelatihan ini akan berlangsung hingga tanggal 17 Desember 2022. Tujuannya agar para pengelola koperasi dapat mengelola keuangannya secara baik dan benar sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada para anggota. “Kita ingin agar koperasi yang ada di Papua Barat dapat lebih maju dan berkembang,” ungkapnya.

Dijelaskan Agus Nauw, untuk menjawab persoalan tersebut, upaya memajukan peranan koperasi di Papau Barat perlu diadakan pembinaan manajemen koperasi secara komprehensif melalui kegiatan-kegiatan pelatihan seperti manajemen pengelolaan keuangan.

Menurut dia, dalam rangka peningkatan laju pertumbuhan ekonomi di Provinsi Papua Barat dipandang perlu untuk melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan sumber daya manusia sehingga dapat memberikan manfaat dalam menambah keberadaan koperasi dan untuk mewujudkan koperasi menjadi lembaga ekonomi yang kuat dan mandiri serta menjadi wadah utama bagi pembinaan masyarakat.

“Koperasi akan mampu menjadi kekuatan ekonomi yang tangguh apabila memiliki organisasi, manajemen serta pengelolaan keuangan yang sehat dan mandiri,” ujarnya.

Lanjut dikatakan, pelaksanaan pelatihan manajemen pengelolaan keuangan koperasi dalam menyusun laporan keuangan bagi pengurus koperasi merupakan salah satu upaya dalam mengontrol, menata dan mengendalikan pencatatan keuangan yang nanti dilakukan dalam koperasi serta pengadministrasian pencatatan keuangan yang tertib dan terarah sesuai dengan aturan akuntansi koperasi. “Dengan adanya manajemen pengelolaan administrasi dan keuangan yang baik maka peningkatan dan pengembangan keberadaan koperasi akan mudah untuk mencapainya”, tambah beliau.

Ia berharap, pelatihan manajemen pengelolaan keuangan koperasi mampu menciptakan keterampilan dalam pengelolaan usaha serta dapat memberikan nilai positif bagi perekonomian di Provinsi Papua Barat.(KN3)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

six − two =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir