Sabtu, April 20, 2024

Banyak Aset Negara di Papua Barat Terlantar

RANSIKI, Kasuarinews.id – Pj. Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw mengatakan selama 7-8 bulan menjalankan tugas sebagai penjabat gubernur, dirinya melihat dan mendapati begitu banyak aset negara di Papua Barat yang terlantar dan tidak dirawat dengan baik. “Banyak sekali aset negara yang terlantar,” ucap Waterpauw, Rabu (1/2/2023) saat meresmikan Kantor Samsat Mansel.

“Tolong bupati, Sekda hati-hati dengan aset yang sudah dibangun tetapi tidak dimanfaatkan. Tolong lihat aset provinsi yang dibangun di kabupaten tetapi tidak dimanfaatkan. Mungkin kita dapat berkolaborasi untuk memanfaatkan lagi aset itu ke depannya. Kadang aset itu dibangun dengan begitu cepat dan megah karena memang dapat proyek untuk itu tetapi setelah selesai ditinggalkan begitu saja tanpa perawatan. Itu banyak sekali saya temukan,” ujar Paulus Waterpauw.

“Contohnya Kantor Samsat Mansel. Ini sarana yang luar  biasa bagus untuk melayani masyarakat tetapi kita tidak tahu pemeliharaannya ke depan bagaimana. Jangan hanya rapi dan megah di awal. Kita harus waspadai ke depannya. Jangan ada pemimpin baru karena tidak sreg dengan bangunan ini, akhirnya kasih pindah lagi ke tempat lain sehingga yang lama sudah tidak digunakan padahal sudah dibangun  dengan biaya begitu besar. Kita harus waspada soal itu,” jelas Waterpauw.

Dia kemudian memberi contoh. “Hari ini saya tinggal di rumah negara karena negara sudah menyiapkan itu. Dan rumah negara itu 70 persen baik dan 30 persen rusak. Saya mandi pagi, gunakan air yang dibeli. Kalo pagi, kita buka kran tidak ada air menetes karena mesin rusak. Terpaksa pakai air gelon Aqua besar untuk membersihkan badan. Bagi saya tidak ada soal. Kenapa? Saya anak polisi. Kita di Fakfak kalo air mati, kita pakai perahu cari air, musti pikul air. Makanya saya selalu katakan, hidup itu jangan manja. Dan saya lihat banyak orang yang manja, banyak pejabat di Papua Barat juga manja. Sikap itu harus dibuang,” tandas Waterpauw lebih jauh. (KN5)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

five × 1 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir