Sabtu, Juli 20, 2024

Bappeda Papua Barat Gelar TOT dan Sekber SAIK

MANOKWARI, Kasuarinews.id –Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Papua Barat pada Senin (28/11/2022) menggelar kegiatan ToT (Training Of Trainer)  dan Sekber (Sekretariat Bersama)  Sistim Administrasi Informasi Kampung plus (SAIK+) yang diikuti oleh kabupaten/kota se-Papua Barat di salah satu hotel di Manokwari.

Kabid Perencanaan Otsus Bappeda Papua Barat, Egius  Wanimbo pada kesempatan tersebut mengatakan untuk membangun partisipasi masyarakat dalam mengawal pemberlakuan Otsus Papua maka setiap kader pada masing-masing kampung perlu dibina melalui kegiatan ToT untuk mengawal  pemberlakuan Otsus agar dapat tepat pada kelompok sasaran yakni masyarakat Orang Asli Papua (OAP.)

“Kita harus merangsang partisipasi masyarakat untuk mengawal Otsus. Ini adalah bagian dari upaya membangun  partisipasi untuk ikut mengawal Otsus hingga  ke masyarakat akar rumput di kampung,” ujar Wanimbo.

Menurut dia, pelaksanaan ToT dan Sekber SAIK dapat memberikan gambaran yang utuh atas pelaksanaan Otsus di Provinsi Papua Barat baik keberhasilan maupun tantangannya, sehingga dapat diajadikan sebagai acuan dalam pelakasanaan program tahun berikutnya.

Kata Wanimbo, pendataan yang diberi nama Sistim Administrasi Informasi Kampung plus (SAIK+) adalah sebuah langkah brilian untuk mencapai tujuan mensejahterakan masyarakat di Provinsi Papua Barat khususnya Orang Asli Papua (OAP). “Pernyataan ini didasarkan pada kenyataan bahwa pendataan SAIK+ menghasilkan data terpilah, utamanya data antara OAP dan Non OAP,” tandasnya. (KN2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

five × four =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir