Sabtu, April 20, 2024

Bertemu Bupati Mansel, BI Perwakilan Papua Barat Berkomitmen Dukung Penuh Pengembangan Coklat Ransiki

RANSIKI, Kasuarinews.id – Bupati Kabupaten Manokwari Selatan, Markus Waran, ST, M.Si melakukan pertemuan dengan Bank Indonesia perwakilan Papua Barat beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan tersebut, BI Perwakilan Papua Barat berkomitmen akan terus mendukung pengembangan salah satu produk unggulan di Kabupaten Mansel yaitu Coklat Ransiki. Dalam pertemuan itu, dibicarakan juga perkembangan koperasi Ebersut Coklat Ransiki.

Pada kesempatan ini, Bupati Mansel Markus Waran menyampaikan apresiasi kepada BI Perwakilan Papua Barat yang telah memberi kontribusi nyata bagi pengembangan kokao di Mansel. “Terima kasih kepada BI yang terus memperkenalkan Coklat Ransiki sehingga semakin dikenal baik di dalam negeri maupun di mancanegara. Mudah-mudahan BI juga bisa membantu pengembangan industri kecil lainnya di Mansel,” ujar Bupati Waran. Bupati Waran juga mengatkan bahwa Koperasi Ebersut juga telah bekerjasama secara internal dengan Pemda Mansel untuk meningkatkan keberlanjutan coklat yang merupakan potensi unggulan di Mansel.

“Untuk meningkatkan  disiplin kerja dan pengembangan kakao di Mansel, kami lagi  bekerjasama membentuk satu perusahan kecil yang langsung berada dibawah pengawasan koperasi untuk meningkatkan pengembangan lahan yang ada untuk menambah produksi. Direktur perusahaan itu adalah  Pa Max dibantu bapak Benon Waran dan lainnya. Kita ingin agar koperasi dikelola dengan manajemen yang baik dan benar,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Perwakilan BI pada kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa pihaknya tetap komitmen untuk mendampingi pengembangan  UMKM di seluruh wilayah Papua Barat termasuk di Mansel. “Khusus untuk kakao di Mansel, ke depan kita akan melihat dari sisi pasar, dari penguatan termasuk produk coklat. Beberapa hal yang kami coba ke depan untuk program pendampingan penguatan kapasitas produksi termasuk  penguatan dari sisi kualitas. Misalnya, beberapa waktu lalu kita belajar di Bali, ada beberapa hal yang perlu ditingtakan dari produksi coklat seperti dari segi  tekstur coklat agar lebih lembut, pengaturan suhu pada waktu pencetakan ternyata ada tekniknya sendiri. Jadi hal-hal seperti itu akan kita coba di Mansel agar ke depan dapat meningkatkan  kapasitas produksi. Dan kita berharap ke depan akan semakin meningkatkan produksi UKM d Mansel,” ujar parwakilan BI. (KN3)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

4 × five =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir