Minggu, Juni 16, 2024

BKD Papua Barat Lakukan Sosialisasi Permenpan No. 6 Tahun 2022 dan Pelatihan Penyusunan SKP

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Badan Kepegawaian Daerah Papua Barat pekan lalu di salah satu hotel di Manokwari menggelar sosialisasi Permenpan No. 6 Tahun 2022 dan pelatihan penyusunan SKP (Sosialisasi Penyusunan Kenerja Pegawai) dalam aplikasi e-Kinerja serta Pengendalian Gratifikasi.  Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini diikuti utusan Badan Kepegawaian kabupaten/kota se-Papua  Barat.

Kepala BKD Papua Barat, Nelles Dowansiba, S.Pd, M.Si mengatakan bahwa terkait dengan kinerja pegawai dan diterbitkannya Peraturan Menteri PANRB Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai ASN yang menggantikan Peraturan Menteri PANRB Nomor 8 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen PNS, menjadikan adanya beberapa poin perubahan tentang pengelolaan kinerja ASN.

Tujuan dari kegiatan, kata Nelles yaitu memberikan pemahaman kepada seluruh BKD Kabupaten/kota se-Papua Barat, terkait dengan pengelolaan kinerja pegawai sesuai dengan pola reformasi birokrasi yang dinamis dan agile, sehingga penyusunan sasaran kinerja pegawai pada Tahun 2023 dapat memberikan akselerasi pembangunan bagi Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Menurut Nelles, penyederhanaan birokrasi dapat dilakukan dengan cara penyesuaian sistem kerja secara mendasar yang mampu mentransformasi cara kerja pemerintahan. Sistem kerja yang sebelumnya bersifat berjenjang atau hierarkis menjadi sistem kerja yang sederhana dengan mengedepankan kerja tim yang fokus pada hasil. Melalui sistem kerja yang baru, pejabat fungsional akan dapat ditugaskan secara flexible, changeable, dan moveable dengan pengelolaan kinerja yang akuntabel. ASN tidak bekerja dalam kotak-kotak tertentu melainkan fokus pada pencapaian tujuan organisasi. Dengan mekanisme kerja tersebut, pegawai dituntut berkinerja lebih optimal sesuai dengan kompetensinya.

Kata dia, Permen 8 tahun 2021 hanya mengatur pengelolaan kinerja PNS saja. Pada Tetapi pada Permen 6 Tahun 2022 kebijakan pengelolaan kinerja juga berlaku untuk PPPK. Pada prinsipnya pengelolaan kinerja pegawai antara PNS dan PPPK adalah sama.

Untuk itu, BKD Papua Barat melakukan sosialisasi penyusunan SKP Tahun 2022 berdasarkan Permen PANRB Nomor 6 Tahun 2022 demi terwujudnya sistem manajemen kinerja yang sesuai dengan Peraturan demi terciptanya kinerja yang lebih baik dalam melaksanakan tugas tugas.

Nelles Dowansiba mengatakan bahwa  Permen PANRB Nomor 6 Tahun 2022  merupakan transformasi baru di lingkungan ASN,”Poin penting dalam Permen PANRB Nomor 6 Tahun 2022 ialah transformasi perubahan struktur organisasi. Jika sebelumnya organisasi di ASN adalah organisasi tradisional dengan sistem top down organization, maka dalam Permen PANRB ini bertransformasi menjadi organisasi yang agile dan diharapkan mekanisme kerja agile mendukung pengelolaan kinerja ASN. Mekanisme kerja agile yang mendukung kebutuhan organisasi yang lincah dan dinamis dalam menghadapi perubahan dunia yang semakin cepat.”

“Dialog kinerja untuk menetapkan dan mengklarifikasi ekspektasi pimpinan terhadap peran pegawai dalam mendukung pencapaian kinerja organisasi, yang dimana nantinya dialog kinerja ini akan memberikan feedback (umpan balik) terhadap hal-hal yang sudah baik atau hal-hal yang perlu diperbaiki pegawai kapanpun dibutuhkan sehingga evaluasi kinerja pegawai dilihat dalam siklus pendek dan siklus penuh, dan memberikan pengakuan atau penghargaan atas keberhasilan kinerja pegawai,” lanjut Nelles saat menutup kegiatan tersebut.

Lanjut Nelles, hal yang penting adalah manajemen kinerja ASN baik dalam pengembangan karier PNS, manajemen talenta sampai dengan sanksi. “Kinerja pegawai ini digunakan untuk melihat pengembangan, manajemen talenta, penghargaan serta sanksi yang nantinya tunjangan kinerja dibayarkan berdasarkan pencapaian kinerja. Dengan adanya pembahasan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatlan proses pengembangan kinerja.(KN3)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

20 + ten =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir