Sabtu, Juli 20, 2024

Buka Raker I DAP Doberai, Keliopas: Masyarakat Adat Harus Dapat Memagari Tanah Adatnya

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Ketua DAP Wilayah III/Doberai, Keliopas Meidodga yang juga Kepala Suku Besar Arfak turunan Irogi Meidodga secara resmi membuka Rapat Kerja (Raker)  I Dewan Adat Papua DAP Doberai  beberapa hari lalu. Raker yang berlangsung di Kantor DAP Wilayah III, Jln Pahlawan, Manokwari ini mengusung tema, “Jaga Hutan, Jaga Gunung, Jaga Laut dan Jaga  Jagat Raya Papua,” dan diikuti 12 pimpinan dewan adat suku di Papua Barat serta ketua Umum Dewan Adat Papua Dominikus Sorabut.

Pada kesempatan ini Keliopas meminta kepada semua anak adat Papua khususnya yang ada di wilayah Doberai agar dapat terus menjaga dan memagari wilayah adatnya jangan sampai punah karena dirampas oleh oknum-oknum yang tidak bertanggunjawab. “Hutan, gunung, laut, pantai, sungai di Papua terutama di wilayah Doberai begitu kaya. Harus jaga baik jangan sampai dirampas. Untuk itu, kita harus memagarinya dengan aturan adat yang jelas. Jangan gadai dan jual tanah adat kalo tidak esok kita jadi tamu di negeri sendiri. Kasihan generasi Papua berikutnya,” tandas Keliopas sambil meminta peserta Raker dapat menyusun kerangka untuk memagari tanah adat yang didalamnya ada jutaan  harta SDA baik emas, minyak bumi, gas bumi kayu, ikan untuk masa depan anak-cucu.

Dia juga meminta agar peserta Raker dapat  menyepakati rencana kunjungan DAP Doberai ke-12 Kabupaten/Kota di Papua Barat untuk menghadiri musyawarah daerah juga pengesahan Dewan Adat Suku ( DAS ) yang belum terbentuk seperti di  Tambrauw, Bintuni dan   Manokwari sendiri. “Saya juga minta agar dalam Raker ini juga dapat menyepakati waktu pelaksanaan konferensi besar Masyarakat Adat Papua   (KBMAP),” ungkap Keliopas sambil berkomitmen agar dibawah kepemimpiannya, dirinya akan membenahi secara total manajemen di DAP wilayah III termasuk memperhatikan tampilan bangun fisik kantor DAP dan juga kesejahteraan para staf. “Semuanya harus kita ubah total seperti mengecet ulang kantor, ganti perobat kantor, memperhatikan kesejahteraan staf DAP termasuk petugas administrasi di kantor. Tujuannya agar mereka bekerja maksimal untuk melayani masyarakat adat,” tandas Keliopas. (AN)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

two × five =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir