Kamis, Mei 23, 2024

Dana Kampung di Distrik Manekar, Tambrauw Sebagian Habis Untuk Biaya Carter Helikopter

FEF, Kasuarinews.id – Distrik Manekar merupakan salah satu dari sekian distrik di Kabupaten Tambrauw yang sangat sulit dijangkau. Selain letaknya yang sangat jauh, juga karena akses jalan dari dan menuju  ke distrik  samasekali tidak ada. Untuk menuju ibukota distrik Manekar  di Atai atau dari distrik Manekar ke Kebar atau ke Fef misalnya, warga masyarakat harus berjalan kaki ratusan kilometer dan bermalam di jalan. Sedangkan untuk mobilisasi barang seperti bama dan bahan bangunan, transportasi menggunakan helikopter adalah salah satu solusi terbaik saat ini.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua II DPRD Tambrauw, Yosep Airai, Sabtu (15/10/2022) yang berkunjung langsung ke distrik Manekar untuk melibat dari dekat situasi masyarakat di sana. “Meski masyarakat di distrik Maneker boleh dikatakan terisolasi tetapi semangat mereka untuk melakukan pembangunan di distrik dan 6 kampung di sana sangat luar biasa,” ujar Yosep.

Menurut Yosep, untuk mobiliasi sembako ataupun bahan bangunan lainnya ke Distrik Manekar, masyarakat harus menggunakan dana kampung membayar sewa heli. “Kadang dana kampung sebagian besar habis untuk sewa heli saja. Ini tentu sangat memprihatinkan,” ujarnya.

Kata dia, selama ini masyarakat 6 kampung di distrik Manekar menggunakan dana kampung untuk mencarter helikopter ke ibukoat distrik Maneker di Atai dengan biaya yang sangat fantastis. “Untuk sekali terbang dibayar Rp. 30 Juta dengan total muatan 700 kg. Dan jika menggunakan heli besar jenis Puma maka total biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp. 190 juta per flight dengan total muatan 4 ton. Kalo 5 kali flight saja sudah berapa. Kan tidak heran, dana kampung habis saja untuk sewa heli ,” jelas Yosep.

Untuk itu, dia meminta perhatian semua pihak, baik pemerintah Tambrauw, Pemprov Papua Barat dan pemerintah pusat sehingga dapat segera membuka akses ke  distrik-distrik terpencil di Kabupaten Tambrauw dan daerah lainnya di Papua Barat. (KN2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

four × one =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir