Kamis, Mei 23, 2024

Dinas Ketahanan Pangan Papua Barat Gelar Pangan Lokal Aman bagi Pelaku Usaha OAP

MANOKWARI, Kasuarinews.id  – Sebagai upaya untuk meningkatkan kreasi dan nilai tambah produk dengan memanfaatkan bahan pangan lokal, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Papua Barat melakukan kegiatan dengan tajuk, “Gelar Pangan Lokal Aman bagi Pelaku usaha Orang Asli Papua.” Kegiatan ini melibatkan pelaku UKM dari kabupaten/kota se-Papua Barat meski tidak semuanya hadir. Acara ini dibuka secara resmi oleh Pj. Gubernur Papua Barat yang diwakili Asisten II Setda Papua Barat Melkias Werinussa pada Rabu (16/11/2022) dengan pemukulan tifa.  Kegiatan ini berlangsung selama dua hari hingga Kamis (17/11/2022) dan digelar di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Papua Barat, Arfai.

Ketua Panitia, Mohamad Patiran yang juga Kabid Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Papua Barat   menjelaskan bahwa sasaran pangan aman adalah petani OAP baik di bidang pertanian, perikanan dan peternakan dan petani non OAP yang berhasil yang dapat menjadi contoh dan mitra tani.

Kata Patiran,  gelar pangan lokal aman ini bertujuan mempromosikan pangan lokal Papua Barat agar dikenal luas oleh pelaku usaha seperti warung makan, perhotelan dan lainnya. Juga mendorng UKM yang biasa saja agar bisa naik kelas serta menciptakan kemitraan sehingga ada daya saing dan bapak angkat dalam UMKM. Selain itu, juga  mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersial.“Kami ingin masyarakat pelaku usaha dapat melakukan inovasi dan kreasi dalam pengembangan olahan pangan lokal,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur dalam sambutannya yang disampaikan Asisten II Melkias Werinussa mengatakan kegiatan ini merupakan cara untuk meningkatkan ketahanan pangan daerah dan menyukseskan Go Pangan Lokal yaitu mengajak, mempengaruhi dan merubah perilaku masyarakat dalam mengkonsumsi pangan lokal yang non-beras.

Gubernur berharap agar potensi dan kekayaan bahan pangan di Papua Barat harus mampu digali dan dikreasikan untuk menjadi pangan yang menarik, bergizi seimbang dan aman dikonsumsi siapa saja. Usai membuka kegiatan, Aissten II didampingi Kadis Ketahanan Pangan Papua Barat, Lasarus Ullo kemudian meninjau setiap stand dari kabupaten/kota se-Papua Barat. (KN5)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

four × two =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir