Jumat, April 19, 2024

Dinas Ketahanan Pangan Papua Barat Salurkan Cadangan Pangan di Mansel

RANSIKI, Kasuarinews.id – Pemerintah Provinsi Papua Barat lewat Dinas Ketahanan Pangan pada Kamis (1/9/2022) menyalurkan cadangan pangan kepada masyarakat di Kabupaten Manokwari Selatan. Penyerahan cadangan pangan ini dilakukan Pj. Gubernur yang diwakili Kadis Ketahanan Pangan Papua Barat, Lazarus Ullo kepada Bupati Mansel Markus Waran, ST, M.Si.
Pada kesempatan ini Lazarus Ullo sedikit memberikan gambaran tentang OPD yang dipimpinnya yang berbeda dengan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan. “Masyarakat banyak yang salah paham dan sulit membedakan Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan. Misalnya, banyak surat ke Dinas Tanaman Pangan yang masuk ke Dinas Ketahanan Pangan. Kalo Dinas Ketahanan Pangan urus ketahanan pangan bukan urus budidaya dan produksi yang meniadi tugasnya Dinas Tanaman Pangan,” urai Lazarus.
Menurut Lazarus, penyaluran cadangan pangan itu sesuai dengan Pergub No. 2 Tahun 2021 perubahan atas Pergub No. 8 Tahun 2019 tentang cadangan pangan yang bersumber dari Dana Otsus.
Dan untuk tahun ini, Papua Barat kata Lazarus mendapat cadangan pangan sebanyak 36 ton dimana MoU telah dilakukan dengan Bulog tanggal 9 Juli 2022 lalu yang dilanjutkan dengan penyuluran.
“Untuk penyaluran ada 3 tahap yaitu tahap 1 di wilayah Sorong Raya sebanyak 16 ton, tahap 2 di Fakfak dan Kaimana 5 ton, tahap 3 di Manokwari raya sebanyak 13 ton,” ujar Lazarus menambahkan bahwa penyaluran cadangan pangan itu menegaskan bahwa pemerintah selalu hadir untuk membantu masyarakat yang mengalami gejolak sosial seperti rawan pangan, covid-19, gagal panen dan lainnya.
“Penyaluran cadangan pangan ini bertujuan utama untuk membantu masyarakat yang terdampak masalah sosial,” jelas Lazarus Ullo.
Dia juga mengatakan, memang ada masukan dari sejumlah daerah untuk meminta tambahan quota tetapi hal itu belum bisa dipenuhi karena disesuaikan dengan pagu anggaran yang ada.
Sementara itu, Bupati Mansel Markus Waran pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Papua Barat yang telah menberikan perhatian penuh kepada masyarkat terutama Orang Asli Papua di Kabupaten Mansel. “Kita saat ini seperti dikatakan Presiden Jokowi sedang mengalami krisis pangan global. Sejumlah negara bangkrut. Untuk antisipasi itu pemerintah memberi berbagai macam insentif membantu masyarakat salah satunya penyaluran candangan pangan. Sekali lagi terima kasih,” ujar Waran. (KN2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

19 + 1 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir