Sabtu, Mei 18, 2024

Dinas Kominfo Papua Barat akan Bangun Laboratorium Informasi Publik sebagai Pusat Data

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Papua Barat, Frans Pieter Istia S.Sos MM mengatakan bahwa untuk mengejar target penguasaan informasi dengan sistem aplikasi smartphone bagi ASN  di Papua Barat, Dinas Kominfo ke depan akan membangun sistem Laboratorium Informasi sebagai pusat data yang menyediakan informasi data, serta menjadi  tempat pelatihan bagi ASN dan juga menjadi tempat pengaduan bagi masyarakat.

 “Dengan adanya laboratorium data maka semua  ASN pada setiap OPA serta masyarakat umum yang ingin mengakses data informasi publik, baik data mengenai anggaran yang telah diverifikasi BPK sesuai dengan UU Keterbukaan Informasi Publik No 14 Tahun 2008 dapat bebas diakses. Selain itu,  juga dapat menjadi tempat pelatihan penggunaan berbagai aplikasi informasi  yang dapat langsung diakses di laboratorium informasi dinas Infokom Provinsi Papua Barat,” ungkap Pieter Istia beberapa waktu lalu  di sebuah hotel di Manokwari.

Menurut dia, dengan adanya Laboratorium Informasi Publik sebagai pusat data itu diharapkan kelak akan membantu ASN dan warga masyarakat untuk mendapat informasi yang diinginkan sebagai bagian dari upaya keterbukaan informai publik. “Jadi jika lab sudah ada maka warga yang ingin mendapat data informasi publik yang sudah diverifikasi BPK RI bisa terakses langsung lewat laboratorium informasi dinas Infokom Papua Barat,” ungkapnya. (AN)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

19 − 15 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir