Senin, Juni 17, 2024

Dipromosikan Jadi Asintel Kejati Papua Barat, Erwin Saragih Wariskan ’Utang’ Dua Perkara Kelas Kakap

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan Ch. Warinussy, SH dalam pres rilisnya, Kamis (11/8/2022) mengucapkan selamat kepada Jaksa Erwin Priyadi Hamonangan Saragih, SH, MH sebagai mantan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sorong yang telah dipromosikan sebagai Asisten Intelijen (Asintel) pada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua Barat. Namun demikian, kata Warinussy, Erwin Sargaih mewariskan ’utang’ dua perkara kelas kakap.

”Saya mengingatkan kepada Kajari Sorong yang baru, Muhammad Rizal, SH, MH bahwa kepergian Kajari Sorong yang lama ada meninggalkan “utang” dua perkara berkategori “kelas kakap”, yaitu kasus dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) pengadaan ATK pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemerintah Kota Sorong. Serta kasus dugaan tipikor ada Proyek Perluasan Jaringan Listrik Tegangan Rendah dan Menengah di Kabupaten Raja Ampat Tahun Anggaran (TA) 2010. Kedua kasus ini telah menjadi perhatian publik di kota Sorong dan seantero wilayah Provinsi Papua Barat. Sehingga saya kira tak ada alasan apapun bagi saudara Kajari Sorong yang baru untuk menindaklanjuti kedua kasus tersebut,” ungkap Warinussy.

Menurut Warinussy, kasus dugaan Tipikor pengadaan ATK di BPKAD Pemerintah Kota Sorong tinggal menunggu hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) melalui Perwakilan Provinsi Papua Bara yang sudah jelang 1 (satu) tahun belum juga kelar. Sementara kasus dugaan Tipikor Perluasan Jaringan Listrik Tegangan Rendah dan Menengah di Kabupaten Raja Ampat TA 2010, sudah pernah diekspos oleh mantan Kajari Sorong dan jajarannya pada tanggal 18 Juli 2022 lalu di depan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Papua Barat Juniman Hutagaol, SU, MH dan jajarannya. Sehingga fakta persidangan dalam perkara terpidana Besar Tjahjono dan terpidana Yan Piter Mayor mengenai keterlibatan Selviana Wanma menjadi semakin terang.

Bahkan sesuai informasi yang dimiliki LP3BH Manokwari, kata Warinussy,  kalau Selviana Wanma sudah pernah dipanggil oleh Kajari Panjaitan sebanyak 2 (dua) kali untuk didengar keterangannya sebagai saksi dalam proses penyidikan terhadap tersangka baru atas nama Paulus.P.Tambing, Wanma tidak pernah menghadiri panggilan penyidik tersebut.

”Saya kira terdapat alasan hukum cukup untuk berdasar hukum bagi Kajari Sorong yang Baru yaitu Bapak Muhammad Rizal dengan dukungan Kajati Papua Barat Juniman Hutagaol untuk menindak lanjuti penyidikan kedua kasus tersebut demi memenuhi rasa keadilan para terpidana maupun keluarganya serta masyarakat di Kota Sorong dan Provinsi Papua Barat,” tandas Warinussy.(KN4)

 

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

5 × two =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir