Jumat, April 19, 2024

DPR Papua Barat Dukung Pengembangan Kopi dan Tanaman Holtikultura di Kabupaten Mansel dan Pegaf

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor mengatakan bahwa lembaga yang dipimpinnya mendukung penuh pengembangan tanaman kopi dan kakao serta tanaman holtikultura lainnya di Kabupaten Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak. “Dukungan itu tidak hanya sebatas kata-kata tetapi diberikan lewat pengalokasian anggaran yang cukup melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Papua Barat,” tandas Orgenes  Wonggor, Senin (12/12/2022) di salah satu hotel di Manokwari.

Kata Orgenes, DPR Papua Barat telah meminta Pemprov Papua Barat melalui OPD terkait agar menambah anggaran yang lebih untuk pengembangan tanaman kopi di Pegaf dan tanaman holtikultara lainnya seperti sayur kol, wortel, kacang merah, kentang dan sayuran lainnya yang sesuai dengan kondisi geografis Kabupaten Pegaf yang berada di ketinggian. “Untuk Mansel, kita minta Dinas menambah anggaran untuk pengembangan kakao, pisang dan juga kopi,” ungkap Orgenes.

Dia juga mengatakan, DPR Papua Barat selain mendorong Pemprov lewat OPD terkait agar menambah anggaran untuk pengembangan jenis tanaman itu, juga mendorong Pemprov untuk mengalokasikan anggaran untuk menyiapkan SDM terutama para petani. ”Selain menyiapkan bibit kakao, kopi dan tanaman holtikultura lainnya, kita juga meminta agar para petani di dua daerah tersebut dilatih untuk dapat menjadi petani yang produktif, bukan hanya menjadi petani yang konsumtif. Artinya, petani dilatih agar bisa menanam bukan untuk konsumsi keluarga sendiri tetapi menjadi petani yang produktif dimana hasilnya dijual. Mengapa kita selalu mengimpor sayuran dari daerah lain seperti kol, wortel, rica dan lainnya padahal alam di Pegaf sangat mendukung. Untuk menuju ke arah sana, para petani juga harus diberi pelatihan yang terus menerus,” ujar Orgenes. (KN3)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

five × 5 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir