Kamis, Mei 23, 2024

DPRD Tambrauw Minta Penjabat Bupati Tunjuk Anak Asli Tambrauw sebagai Plt. Sekda

MANOKWARI, Kasuarinews.id – DPRD Kabupaten Tambrauw mendesak Penjabat Bupati Kabupaten Tambrauw Engelberthus Gabriel Kocu, S.Hut, MM agar dapat menunjuk anak asli Tambrauw sebagai Plt. Sekretaris Daerah Tambrauw.  Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Tambrauw, Paulus Ajambuani, Rabu (25/5/2022) di kediamannya.

“Pa Sekda kan sudah dilantik sebagai penjabat bupati. Dan sangat tidak mungkin beliau mengemban 2 jabatan sekaligus yaitu sebagai penjabat bupati dan juga sekda. Untuk itu, kami dari legislatif meminta agar penjabat bupati dapat menunjuk pelaksana tugas Sekda dari anak-anak asli Tambrauw sendiri. Sekda itu penggunanya kan bupati, jadi silakan bupati mau tunjuk siapa tapi syaratnya harus anak asli Tambrauw,” ungkap Paulus.

Pengangkatan Sekda itu, kata Paulus harus tetap mengikuti regulasi yang berlaku misalnya soal kepangkatan dan golongan. “Memang benar, untuk penunjukan Plt sekda, harus ikut aturan main seperti soal kepangkatan dan golongan. Namun, kami minta syarat lainnya yaitu harus putra-putri asli Tambrauw sendiri. Banyak anak-anak asli Tambrauw yang telah memenuhi syarat kepangkatan dan golongan. Tinggal diseleksi saja. Anak-anak asli Tambrauw harus diberikan kesempatan untuk mengabdi di daerahnya sendiri,” jelas Paulus.

Menurut dia, DPRD Tambrauw mendesak penunjukan Sekda haruslah anak asli Tambrauw karena sesuai dengan semangat UU Otsus Papua yang memberikan ruang dan kesempatan bagi anak-anak asli untuk menjadi tuan di negerinya sendiri. “Anak-anak asli Tambrauw itu mampu. Untuk itu, berikan kesempatan bagi mereka  untuk mengabdi di daerahnya sendiri dengan menduduki jabatan Plt. Sekda. Salah satu tujuan pemekaran adalah pemberdayaan SDM lokal. Dan kini saatnya, anak asli Tambrauw diberi kesempatan untuk mengabdi di daerahnya sendiri. Banyak yang sudah siap, persoalannya, kesempatan diberikan atau tidak. Kini saatnya kesempatan itu diberikan,” terang Paulus. (Omar)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

12 − 2 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir