Sabtu, April 20, 2024

Gubernur Dominggus: Forum OPD Tidak Sebatas Kegiatan Seremonial Belaka

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Gubernur Papua Barat Drs. Domingus Mandacan M. Si meminta kepada semua OPD di lingkup Pemprov Papua Barat agar dapat mengejar 5 target capaian Program Prioritas Tahun 2023. Untuk itu Gubernur berharap agar semua elemen dapat memaknai acara Forum Perangkat Daerah yang membahas Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat tahun 2023.

“Semua OPD harus memaknai forum tersebut dengan baik sehingga forum itu tidak hanya sebatas kegiatan seremonial belaka,” ujar Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Melkias Warinussa pada acara Forum OPD dengan tema ‘Mempercepat Pembagunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat dengan Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Didukung Infrastruktur dan Koneksitas Wilayah dan Lingkungan Hidup yang gelar di Aston Niu Hotel, Kamis (21/4/2022).
“Saya harap forum perangkat Daerah dengan 5 target capaian ini bisa diikuti dengan baik jangan kemudian dipandang sebagai hal seromonial belaka.
Kelima hal capaian itu adalah percepatan pembagunan ekonomi dan pembedayaan masyarakat, peningkatan SDM terukur berkarakter dan kontekstual serta perlindungan Sosial, Peningkatan infrastruktur dasar dan koneksitas antar wilayah serta kwalitas pengelolaan tataruang daerah, Peningkatan pengelolaan lingkungan dan SDA yang berkeadilan dan berkelanjutan, Peningkatan tata kelola pemerintahan dan peningkatan tata kelola Otonomi Khusus (Otsus) berbasis kwalitas Budaya,” terang Gubernur
Gubernur mengatakan bahwa selaras dengan Otonomi Khusus (Otsus) Papua maka program pembangunan di Papua Barat dapat menjiwai paradigma pembangunan khususnya dalam penyusunan program pembangunan di tahun 2023 .
Untuk itu kata Gubernur, semangat Otonomi Khusus harus dituangkan dalam 5 bidang prioritas di atas.

Gubernur juga mendesak perlunya perbaikan implementasi pembangunan Provinsi Papua Barat dalam sistem Undang -Undang dan perencanaan Pembangunan daerah ke arah pembangunan daerah yang berdaya saing dimana Papua Barat disokong oleh SDM yang memiliki daya saing.(AN)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

2 × 3 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir