Jumat, April 19, 2024

Gubernur Dominggus Resmikan RSUD Papua Barat

MANOKWARI, Kasuarinews.id –  Gubernur Provinsi Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, M.Si pada Senin (9/5/2022)  meresmikan gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Papua Barat. Proses pengresmian ini ditandai dengan pembukaan selubung papan nama,  pelepasan balon ke udara dilanjutkan peninjauan gedung RSUD Papua Barat. Hadir pada saat pengresmian ini antara lain Sesditjen Yankes Kementrian Kesehatan RI, dr Azhar Jaya,SKM.,MARS, Forkopimda Papua Barat, Sekda bersama pimpinan OPD serta sejumlah undangan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat Otto Parorongan dalam laporannya mengatakan bahwa, pembangunan RSUD Provinsi Papua Barat menghabiskan anggaran sebanyak Rp. 436.587.252.527.

“Anggaran mulai dari tahun 2015-2021 bersumber dari APBD Papua Barat yang berada di DPA Dinas Kesehatan Papua Barat sebesar Rp. 436.587.252.527, dimana pembangunan RSUD Papua Barat yang dilakukan secara bertahap tersebut dibangun di atas lahan seluas 14.406 ha,” jelas Otto.

Menurut dia, pembangunan dilaksanakan dengan sistem  multiyears setelah peletakan batu pertama pada 16 September 2015 lalu oleh Gubernur Papua Barat saat itu, alm. Abraham O. Atururi. Saat ini, RSUD Papua Barat merupakan rumah sakit tipe kelas C dengan jumlah kamar 148 kamar tidur, dengan jumlah tenaga sebanyak 443 orang.

Gubernur  Dominggus Mandacan dalam sambutannya mengatakan bahwa meski sejumlah fasilitas medis di RSUD Papua Barat belum lengkap, namun hal ini akan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah maupun pusat untuk melengkapinya secara bertahap  ke depan.

“Kekurangan ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mendorong ke pemerintah pusat supaya melengkapi sehingga RSUD type C naik menjadi type B,” ujar Dominggus.

Dia berharap agar  Pj Gubernur yang akan menjalankan roda pemerintahan di masa transisi agar dapat melanjutkan dan melengkapi kekurangan yang ada.

“Terutama tenaga medis dan peralatan yang kurang perlu dilengkapi sehingga ketika masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan tidak perlu ke Makassar atau jakarta tapi cukup di RSUD Provinsi Papua Barat,” ungkap Gubernur  Dominggus sambil mengucapkan  terima kasih kepada Gubernur pertama Papua Barat almarhum Abraham Atururi yang telah meletakan dasar pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah ini sehingga saat ini dapat diresmikan.

Sementara itu, Sesditjen Yankes Kementrian Kesehatan RI, dr Azhar Jaya,SKM.,MARS mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementrian Kesehatan siap membantu kekurangan  fasilitasi kesehatan di RSUD Provinsi Papua Barat.

Dikatakan Azhar Jaya bahwa jika Pemerintah Provinsi Papua Barat melengkapi fasilitasi kesehatan yang dibutuhkan dengan menggunakan dana Otsus, maka Kemenkes akan membantu dengan dana alokasi khusus (DAK) APBN.

“Supaya fasilitasnya lengkap kemudian kami harap pihak RSUD segera mengurus Type C dari Kabupaten Manokwari selanjutnya mengusulkan ke Kemenkes RI supaya dinaikan menjadi type B dan kami siap membantu untuk itu,” jelas dr Azhar.(KN3)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

16 − two =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir