Sabtu, April 20, 2024

Ini Pesan Mentan RI, SYL ke Peserta Pembangunan Pertanian dan Ketahanan Pangan se-Papua Barat

MANOKWARI, Kasuarinews.idMenteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia, H. Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Selasa (25/10/2022) menghadiri Rapat Koordinasi Pembangunan Pertanian dan Ketahanan Pangan se-Papua Barat di salah satu hotel di Manokwari.

Dalam arahannya kepada peserta Rakor,  Mentan SYL menyampaikan 5 hal utama yang harus diperhatikan oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat dan 13 Kabupaten/Kota. Pertama, memantapkan program dan konsepsi secara objektif. Artinya, tidak  membuat program yang sekedar mimpi dan  masih di angan-angan.

Kedua, menyiapkan kelembagaan hingga ke tingkat kampung dalam bentuk gugus tugas. Untuk itu perlu dibentuk gugus tugas provinsi, kabupaten dan pusat, dimana boleh melibatkan TNI/ Polri.
Ketiga, menyiapkan SDM termasuk petaninya misalnya dengan melakukan pelatihan-pelatihan serta agenda aksi yang dimulai dari budi daya, pasca panen, dan marketplace yang melibatkan anak-anak milenial, pengusaha dan agendanya dari hulu ke hilir. Hal itu dimulai dari budi daya, panen, pasca panen seperti gudang penyimpanan dan pengilingannya.
Keempat, menyiapkan anggaran, salah satunya dari dari KUR. Kelima, mencari mitra untuk dapat membeli hasil pertanian. “Jangan sudah tanam tetapi tidak ada yang beli. Papua harus berdiri, pejabatnya harus jadi pembela negara dan pejuang petani Papua. Kita pasti bisa,” ujar Mentan.
“Tugas kita saat ini adalah menyiapkan lahan yang benar, tidak masuk pada lahan yang bermasalah, bulan pertama dilakukan kajian-kajian akademinya, bulan kedua sudah melakukan penanaman,” ungkap SYL lebih jauh (KN3)
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

8 + six =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir