Jumat, April 19, 2024

JDP Desak Operasi Militer dalam Bentuk Apapun di Papua Barat Dihentikan

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Jubir Jaringan Damai Papua (JDP), Yan Ch. Warinussy, SH mengatakan JDP menyambut baik pernyataan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia K.H.Ma’ruf Amin yang mengatakan saat ini tidak diperlukan lagi pendekatan keamanan dalam penyelesaian konflik di Tanah Papua, termasuk di Provinsi Papua Barat. “Pernyataan Wakil Presiden ini sungguh menjadi catatan penting bagi negara, dalam hal ini bagi upaya penyelesaian konflik sosial-politik di Tanah Papua,” ungkap Warinussy, dalam pres rilisnya, Senin (17/10/2022).
Kata Warinussy, JDP mendorong negara melalui Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin agar segera dapat menindaklanjuti dengan merumuskan Keputusan Presiden (Keppres) tentang penghentian segenap langkah pengiriman personil anggota TNI dan Polri dalam jumlah besar dengan status non organik dari wilayah Indonesia lain ke Tanah Papua.
“JDP karena itu menawarkan kepada Presiden dan Wapres RI untuk segera menetapkan dihentikannya segenap operasi militer dan bentuk apapun di Tanah Papua khususnya di Papua Barat demi HAM. Kami yakin bahwa penyelesaian konflik sosial politik di Tanah Papua, termasuk di Kisor dan sekitarnya akan senantiasa berlangsung damai,” ujar Warinussy
JDP, kata Warinussy, juga menyerukan kepada Bupati Teluk Bintuni dan Bupati Maybrat untuk terlibat aktif dengan kewenangannya dalam menangani warga sipil guna mendapat akses pelayanan kesehatan dan pendidikan sejak dini. Prinsipnya harus disediakan kesempatan Jedah Kemanusiaan bagi para pihak yang terlibat dalam konflik tersebut. (KN2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ten − eight =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir