Rabu, Mei 22, 2024

JDP: Dialog adalah Jalan Terbaik Akhiri Konflik Sosial Politik di Tanah Papua

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Juru Bicara Jaringan Damai Papua (Jubir JDP), Yan Ch. Warinussy, SH menegaskan baha menurut JDP, dialog adalah jalan terbaik menyelesaiakan konflik sosial dan politik yang terjadi di atas tanah Papua saat ini.
Warinussy pun menyampaikan pandangan JDP terkait insiden penembakan yang diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap pesawat jenis jenis caravan milik maskapai penerbangan Asian One, Jum’at (14/4) pagi sekitar pukul 06:30 wit di sekitar lapangan terbang Beoga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.
“Kejadian ini adalah yang kesekian kalinya dan JDP melihat tidak pernah ada langkah investigasi kriminal untuk mengungkap siapa sebenarnya pelaku bersenjata yang senantiasa menyasar serangannya pada fasiltas dan objek sipil semata. Itupun senantiasa terjadi di wilayah-wilayah pegunungan di Tanah Papua, yang kini menjadi bagian dari pengembangan daerah otonomi baru (DOB). Kendatipun serangan tersebut tidak sampai menimbulkan korban nyawa sekalipun, JDP menyerukan agar ini menjadi yang pertama dan terakhir kalinya. Karena bukan tidak mungkin situasinya akan makin runyam dan berdampak luas, jika sampai insiden penembakan diatas menimbulkan korban nyawa dan atau mengenai bagian vital badan pesawat, misalnya mengenai Tanki bahan bakarnya,” jelas Warinussy dalam pres rilisnya, Sabtu (15/4/2023).
Oleh sebab itu, JDP kata Warinussy, justru mendorong agar para pihak, baik KKB maupun TNI dan Polri serta Negara untuk mempertimbangkan dihentikannya langkah operasi militer dalam arti luas. JDP sangat meyakini bahwa dipilihnya jalan dialog untuk mengakhiri konflik sosial politik di Tanah Papua adalah tepat dan proporsional.
“Sehingga kami bersama mendorong Negara di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo agar dapat segera merespon tawaran KKB untuk memulai dialog diantara mereka, guna segera merancang langkah penyelesaian konflik sosial di Tanah Papua yang sudah berlangsung lebih dari 50 tahun ini. JDP mendesak Pimpinan KKB di Tanah Papua untuk dapat mempertimbangkan segenap langkah serangannya untuk tidak diarahkan kepada warga masyarakat sipil maupun fasilitas sipil lainnya termasuk pesawat terbang,” tandas Warinussy. (KN4)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

9 + fourteen =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir