Sabtu, Mei 18, 2024

Kadis Pertanian Tambrauw Serahkan Bibit Kacang Tanah ke Petani di Distrik Amberbaken Barat

FEF, Kasuarinews.id – Pemerintah Kabupaten Tambrauw melalui Dinas Pertanian Tambrauw beberapa waktu lalu menyerahkan bibit kacang tanah kepada para petani di Distrik Amberbaken Barat. Penyerahan ini dilakukan oleh Kadis Pertanian Tambrauw, Thomas Kofiaga, S.ST kepada para petani di kampung  Saurabon, distrik Amberbaken Barat.

Menurut Kofiaga, pemberian bantuan bibit tersebut merupakan salah satu upaya pemkab Tambrauw membantu para petani untuk meningkatkan produksi tanaman hortikultura dan tanaman pangan di Tambrauw.

Kata dia, di  TA 2022, pihaknya menganggarkan  sebagian dana untuk belanja  bibit tanaman hortikultura seperti rambutan okulasi, mangga okulasi dan durian okulasi yang  akan diserahkan secara bertahap kepada para petani.

“Selain itu juga ada bibit tanaman pangan seperti sayuran buah dan sayuran daun. Salah Satunya bibit kacang tanah. Kita serahkan bibit kacang sebanyak 200 kg untuk dikembangkan oleh para petani,” urai Kofiga.

Menurut dia, pemberian bantuan bibit kacang tanah bagi para petani itu tersebar di 3 distrik yaitu Distrik Amberbaken Barat, Distrik Senopi dan Distrik Kebar.

“Penyerahan  bibit itu merupakan program prioritas Kadis Pertanian Tambrauw untuk mendukung peningkatan ekonomi terutama OAP yang berada di Kabupaten Tambrauw. Dan sejak dilantik oleh Bupati Tambrauw pada Tahun 2018 sebagai Kadis Pertanian, Dana Otsus hanya kita alokasikan untuk belanja bibit tanaman,  bibit buah-buahan okulasi untuk diserahkan kepada para petani di distrik yang punya potesi baik.  Dan memang bibit itu tidak diberikan ke semua distrik. Kita fokus pada distrik yang punya potensi untuk pengembangan jenis-jenis komoditi pertanian yang ada,” tandas Kofiga. (KN1).

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

two × four =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir