Kamis, Mei 23, 2024

Kadis PUPR Papua Barat Sebut Realisasi Pekerjaan Fisik pada OPD yang Dipimpinnya Capai 76 Persen

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Papua Barat Yohanes Momot, S.T., M.T kepada awak media Senin (28/11/2022) usai  hearing dengan pimpinan dan anggota komisi IV DPR Papua Barat di salah satu hotel di Manokwari mengatakan bahwa realisasi pekerjaan fisik TA 2022 pada Dinas PUPR hingga bulan November 2022 sudah mencapai 76 persen, sedangkan realisasi keuangan baru mencapai 67 persen.

“Jadi  realisasi pekerjaan fisik di APBD 2022 sudah mencapai 75 hingga 76 persen tetapi realisasi keuangan baru mencapai 67 persen, karena sudah dipenghujung tahun sehingga teman-teman rekanan mau pekerjaan sudah rampung 100 persen baru mereka masukan tagihan uangnya,” ungkap Momot.

Menurut dia, ada sejumlah kontraktor yang pekerjaannya telah rampung 100 persen dan dinas PUPR sedang mempersiapkan Surat Perintah Membayar dan Surat Perintah Pencairan Dana (SPM dan SP2D).

“Untuk memastikan bahwa pekerjaan sudah 100 persen, harus dilakukan peninjauan ke lapangan oleh petugas Dinas PUPR untuk memastikan kwalitas serta kwantitas pekerjaan fisik. Hal itu butuh waktu sehingga ada sedikit keterlabtana. Kita harapkan awal bulan Desember 2022 semua pekerjaan sudah clear dan progress sudah diatas sekitar 80 sampai 90 persen,” ujar Momot optimis bahwa realisasi anggaran APBD TA 2022 mencapai diatas 90 persen.

Momot sangat optimis karena ada sejumlah pekerjaan fisik yang menyerap anggaran yang cukup besar bisa berjalan meski ada tantangan di lapangan seperti misalnya, kasus pembunuhan yang terjadi seperti di Teluk Bintuni dan Maybrat sehingga mengakibatkan pekerjaan ruas jalan trans menghubungkan kedua Kabupaten itu mengalami kendala. “Tapi sekali lagi, kita optimis di akhir tahun sudah mencapai 90 persen,” tandas Momot. (KN4)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ten − 7 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir