Jumat, April 19, 2024

Kapolda Papua Barat Apresiasi Penyerahan Senpi Rakitan dari Warga Moskona

BINTUNI, Kasuarinews.id –  Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel T Monang Silitonga S.H, M.A memberi apresiasi mendalam kepada warga Moskona, Kabupaten Teluk Bintuni yang dengan sukarela menyerahkan  Senpi jenis rakitan kepada pihak kepolisian. Kapolda pada kesempatan tersebut sendiri menerima penyerahan senpi rakitan laras panjang tersebut yang diserahkan oleh  pemiliknya Urbanus Mandacan pada Rabu (27/7/2022). Sedangkan Frans Asmorom menyerahkan amunisi sebanyak 33 butir dengan rincian amunisi KL 7,92 mm 25 butir, 5,56 mm sebanyak 4 butir dan 7,62 mm sebanyak 4 butir. Pada kesempatan ini hadir juga Cornelis Aisnak, warga Moskona Barat yang beberapa hari sebelumnya juga menyerahkan senjata laras pendek. “Terima kasih kepada warga masyarakat Moskona yang dengan kesadaran sendiri mau menyerahkan senjata dan amunisi kepada Polda Papua Barat,” ujar Kapolda yang juga  memberi  piagam penghargaan kepada ketiga warga Moskona tersebut dan sejumlah uang sebagai bentuk ucapan terima kasih.

Kapolda memuji warga masyarakat yang secara sukarela menyerahkan senjata kepada pihak kepolisian  karena sesuai dengan UU Darurat Tahun 1952 memang dilarang menyimpan barang-barang yang membahayakan berupa senjata yang dapat mengancam keselamatan orang lain dan senjata adalah salah satu jenis barang yang sangat berbahaya.

“Pada kesempatan ini sekali lagi kami himbau agar masyarakat yang masih menyimpan senjata maupun amunisi dapat menyerahkannya secara sukarela kepada pihak keplisian karena hal itu sangat berbahaya. Penyerahan senjata kepada polisi itu bertujuan agar dapat diamankan sehingga tidak membahayakan orang lain,” terang Kapolda sambil meminta senjata tersebut harus segara dimusnakan sehingga tidak disalahgunakan.

Kepala Kapolda, Kapolres Teluk Bintuni AKBP, Junov Siregar S.IK, S.H juga melaporkan bahwa hingga  saat ini, sudah ada tiga orang warga yang menyerahkan senjata api maupun amunisi kepada pihak kepolisian. Dan pihak Polres kata Junov, melalui media massa akan terus melakukan himbauan dan mengajak  seluruh warga agar dengan  sukarela mau menyerahkan kepemilikan senjata di rumahnya dan tidak mempergunakan secara salah dan keliru. (KN5)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

20 + 12 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir