Sabtu, April 20, 2024

Kehadiran Perusahaan di Tambrauw Berperan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

FEF, Kasuarinews.id – Masalah kesejahteraan sosial menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh masyarakat di Papua Barat termasuk di Kabupaten Tambrauw. Pemerintah Kabupaten Tambrauw tentu punya program tersendiri untuk mengatasi persoalan tersebut.

Namun pemerintah Tambrauw tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari berbagai pihak. Oleh sebab itu, perlu adanya kerjasama dengan berbagai elemen, salah satunya dengan perusahaan yang menjalankan kegiatan investasi di Tambrauw demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua II DPRD Tambrauw, Yosep Airai saat berbincang dengan Kasuarinews.id Jumat (20/5/2022). Kata Yosep, APBD Kabupaten Tambrauw memang sangat terbatas untuk membiayai semua kebutuhan masyarakat, apalagi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Untuk itu, setiap daerah, termasuk Tambrauw membutuhkan kehadiran pihak lain terutama pemilik modal untuk menanamkan modalnya atau berinvestasi di daerah. “Selama ini saya lihat, banyak investor yang memang berniat untuk berinvestasi di Tambrauw namun mengurungkan niatnya untuk berinvestasi. Hal itu disebabkan sejumlah hal yaitu infrastruktur yang belum menunjang, regulasi yang belum baik, termasuk penolakan dari masyarakat adat dengan sejumlah alasan seperti kehadiran perusahaan akan merusak hutan, air, tanah dan sebagainya seperti yang terjadi di Tambrauw belakangan ini,” ungkapnya.

Untuk itu, dia meminta agar masyarakat dapat melihat sisi positif kehadiran sebuah perusahaan untuk berinvestasi di daerah. “Jika pemerintah telah memberi ijin bagi sebuah perusahaan untuk berinvestasi di daerah tentu sudah dipikirkan matang-matang melalui kajian yang  mendalam. Pemerintah pasti tidak kasih ijin jika kehadiran perusahaan akan merugikan rakyat, tetapi bila sudah ada ijin dari pemerintah, sudah pasti sudah dipikirkan pemerintah. Jadi masyarakat harus pikir positif, jangan selalu berpikiran negatif jika suatu perusahaan sudah masuk,” tandas Yosep.

Menurutnya, kehadiran sebuah perusahaan di suatu daerah dapat memberi efek positif, salah satunya melalui peningkatan kesejahteraan rakyat. “Kalo ada perusahaan sudah masuk ke suatu daerah dari sisi keamanan, itu tandanya daerah tersebut aman. Tetapi dari sisi lain, kehadiran perusahaan dapat menyumbang PAD bagi daerah lewat pajak, tetapi juga dapat membantu ekonomi rakyat lewat program CSR. Artinya, dukungan dari pihak perusahaan ini dapat disalurkan melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang merupakan bentuk tanggungjawab sosial perusahan bagi lingkungan sekitarnya,” kata Yosep.

Dia  mengatakan, melalui tanggungjawab sosial itu, pihak perusahaan dapat berperan aktif mendukung pemberdayaan masyarakat, melestarikan lingkungan, atau meningkatan pelayanan publik sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang.

Yosep menjelaskan, dana CSR yang disalurkan perusahaan itu banyak sekali memberikan manfaat bagi para pihak. Bagi perusahaan, kata dia, penyaluran dana CSR merupakan upaya untuk mendapatkan dukungan publik terhadap usaha yang digerakkan oleh perusahaan tersebut.

“Sementara bagi masyarakat, kehadiran CSR bermanfaat untuk mengoptimalkan sumber daya dan sumber ekonomi, serta mengurangi kesenjangan sosial. Adapun bagi Pemerintah, program CSR sangat penting untuk mendukung percepatan pembangunan daerah, serta meningkatkan kualitas layanan publik. Tidak mungkin kan setiap bulan pemerintah kasih gaji bagi rakyat. Tetapi dengan hadirnya suatu perusahaan dapat membuka lapangan kerja bagi rakyat setempat,” kata Yosep.

Untuk itu, dia meminta agar masyarakat  Tambrauw lebih aktif memberikan dukungan bagi kehadiran investasi di Kabupaten Tambrauw karena kegiatan CSR ini akan bisa menjadi salah satu upaya dalam mengatasi masalah kemiskinan di daerah. (Omar)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

2 × five =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir