Jumat, April 19, 2024

Kepala Suku Kei Lantik Badan Pengurus PPKM Manokwari

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Kepala Suku Besar Kei di Manokwari, Moses Naraha pada Senin (14/3/2022) secara resmi melantik Badan Pengurus Pemuda dan Pelajar Kei Manokwari (PPKM). Pelantikan di  ballroom Aston Niu Manokwari yang mengambil tema, “Reng Fo Reu, Suman fo Rad” (melukis bagai pelangi mempersatukan bagai mata Rantai) ini dihadiri Bupati Manokwari Hermus Indou, anggota DPD RI Sanusi Rahaningmas, anggota DPR Papua Barat Xaverius Kameubun dan sejumlah tokoh lainnya.

Kepala Suku Kei Moses Naraha mengatakana bahwa  pelantikan Badan Pengurus PPKM  ini sesuai hasil musyawarah yang digelar 2 Juni 2021 lalu. Dan hal tersebut  menandakan bahwa saat ini Pemuda pelajar Kei telah memiliki kepengurusan yang sah.

Untuk itu, Moses meminta seluruh anggota PPKM agar dapat memiliki komitmen memajukan organisasi agar menjadi  lebih baik, serta memberikan dukungan penuh kepada pemerintah kabupaten Manokwari.

Kata Moses, dukungan tersebut harus disertai dengan menggalang kesatuan dan persatuan antar pemuda dan pelajar di Manokwari, mengkonsolidasi keanekaragaman, membentuk sinkronisasi dengan berbagai pihak.
Bupati Manokwari Hermus  Indou dalam sambutannya mengatakan, pembentukan dan pelantikan pengurus pemuda dan pelajar Kei di Manokwari ini merupakan langkah untuk menjadikan masyarakat Kei sebagai masyarakat yang modern di Manokwari serta menghargai dirinya sendiri dan orang lain. “Saya memaknai pelantikan ini sebagai upaya masyarakat Kei di Manokwari untuk membangun eksistensi tetapi juga harga diri dan martabat masyarakat Kei di Manokwari,” ujar bupati Hermus.
Dikatakan Hermus, masyarakat Kei di Manokwari telah menyatakan eksistensinya di semua elemen masyatakat tetapi juga dalam strata pemerintahan. Dia menginginkan agar  ke dapat membangun pemerintahan yang kuat dan partisipatif di atas tiga pilar utama yaitu demokrasi, politik tetapi juga pilar masyarakat dan dunia usaha.
Hermus percaya, adanya kerukunan-kerukunan di Manokwari akan mampu membina warga masyarakatnya dengan baik sehingga tercipta Manokwari yang aman, damai dan harmoni. “Pemuda dan masyarakat Kei akan terus menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kabupaten Manokwari,” kata Hermus.

Sementara itu, Ketua PPKM periode 2022-2025, Muhamad Refra meminta pemuda dan pelajar Kei di Manokwari agar dapat merapatkan barisan dan  bergandeng tangan untuk menjalankan organisasi serta menjalankan semua program kerja demi mencapai sebuah visi bersama.

“Dengan visi mempersatukan tatanan ‘Ain Ni Ain’ dalam bingkai ‘Manut ain mehe ni tilur vuut ain mehe ni ngifun,” Mari kita bersama-sama bergandengan tangan membantu pemerintah daerah dan TNI/Polri untuk mewujudkan kabupaten Manokwari yang aman dan nyaman sebagaimana pepatah mengatakan dimana bumi dipijak disitulah langit dijunjung,” terang Refra. (KN3)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

twelve − 4 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir