Sabtu, Mei 18, 2024

Ketua Tim 315 Nilai Paulus Waterpauw Sosok Tepat Jabat Caretaker Gubernur Papua Barat

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Ketua Tim 315 Provinsi Papua Barat yang juga Tokoh Adat Suku Arfak Obeth Ayok kepada awak media saat konprensi pers di Kantor DAP Wilayah III Doberai Jln. Pahlawan Manokwari pada Senin (11/4/2022) menegaskan bahwa sosok Paulus Waterpauw adalah figur yang sangat tepat untuk mengemban tugas sebagai caretaker gubernur Papua Barat.

 “Komjen Pol. Paulus Waterpauw sangat tepat jabat caretaker Gubernur Papua Barat karena kapasitas dan kapabilitas beliau sudah tak bisa diragukan lagi. Selain itu, beliau sangat paham dengan kondisi sosial budaya masyarakat di Papua Barat karena Paulus Waterpauw selain mantan Kapolda Papua Barat juga adalah anak asli Papua Barat,” tandas Ayok.

Kata Ayok, penunjukan caretaker di sebuah provinsi menjadi hak prerogatif Presiden RI setelah mendapat masukan dari Kementrian Dalam Negeri tetapi pemerintah pusat juga perlu mendengar masukan dari masyarakat di daerah. “Dan kita dari masyarakat menghendaki agar yang jadi carateker adalah orang asli Papua. Sehingga kita harap pemerintah pusat dapat mempertimbangkan sosok Paulus Waterpauw yang merupakan anak adat dari Bomberay sebagai caretaker. Di Papua Barat ada dua 2ilayah adat yaitu Doberai dan Bomberay dan Paulus Waterpauw berasal dari Bomberay sehingga kita dukung,” tandas Ayok.

Sementara itu, Sekertaris Dewan Adat Dombera Zakarias Horota  menegaskan bahwa Dewan Adat Papua Wilayah III akan berada pada posisi netral. “Soal caretaker gubernur Papua Barat itu urusan pemerintah pusat. Kita masyarakat adat pada dasarnya hanya mendukung. Namun jika boleh memberi masukan, kami dari DAP wilayah III Doberai melihat bahwa sosok Komjen Pol Paulus Waterpauw sangat tepat mengemban tugas sebagai caretaker guberrnur Papua Barat apalagi tugas caretaker terbilang berat yaitu mempersiapkan dan menyukseskan Pemilu 2024. Dengan latar-belakang kepolisian dan pernah menjabat sebagai Kapolda Papua Barat dan juga anak adat Bonmberai, waterpauw sangat layak mengemban tugas tersebut,” ujar Zakarias.

Demikian halnya Goliat Menggesu, Ketua DAP Pegunungan Arfak pun punya pandangan serupa yang menilai sosok Paulus Waterpauw sangat layak menjabat caretaker gubernur Papua Barat karena kapasitasnya sangat mumpuni. (AN)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

2 × 5 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir