Jumat, April 19, 2024

Kondisi SD Inpres Ayambori Makin Memprihatinkan

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Meski letaknya hanya berada di pinggir kota Manokwari, kondisi SD Inpres Ayambori, Distrik Manokwari Timur dari hari ke hari makin memprihatinkan. Saat mengunjungi sekolah tersebut, Selasa (26/7/2022), kondisi sekolah memang memprihatinkan, apalagi saat musim hujan. Ada sejumlah plafon dan kaca jendela yang rusak. Selain itu, tidak adanya aliran listrik serta air bersih menyebabkan murid-murid dan para guru mengalami kesulitan jika harus ke kamar kecil. Situasi ini sering menghambat pelaksanaan proses belajar mengajar.

Kepala Sekolah SD Inpres Ayambori, L. Bungasapang saat ditemui tidak menampik kondisi sekolah yang dari hari ke hari makin memprihatinkan. “Sekolah ini banyak fasilitasnya yang rusak karena sudah termakan usia dan belum direnovasi. Kami sangat paham, begitu banyak sekolah di Kabupaten Manokwari yang butuh perhatian dari pemerintah. Namun kami harapkan perhatian Pemda Manokwari lewat OPD terkait agar dapat merenovasi sekolah ini demi menunjang proses belajar mengajar sehingga memberi kenyamanan bagi para siswa dan orangtua. Memang dinas saat ini sedang membangun  2 MCK di belakang sekolah tapi belum digunakan,” ujarnya menambhakan ada 6 orang guru yang mengajar di SD tersebut dibantu 1 penjaga sekolah dan 1 orang tenaga adminstrasi dengan jumlah siswa hampir 60 orang.

Dia mengakui bahwa kondisi sekolah tersebut juga pernah dibicarakan dalam Musrembang Kampung Ayambori namun sampai saat ini tidak ada tindaklanjutnya. “Sekolah  SD di Manokwari ada 100 lebih tersebar dari kota hingga daerah Waparmasi. Karena itu, kami paham tanggungjawab pemerintah juga berat. Untuk itu, kami harapkan partispasi warga masyarakat agar senantiasa dapat menjaga dan merawat fasilitas sekolah ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Moses Meidodga, warga Kampung Ayambori yang juga orangtua siswa berharap agar pemerintah lewat OPD terkait dapat mnemperhatikan kondisi sekolah tersebut. “SD Ayambori yang dekat kota saja sudah begitu bagaimana yang ada di kampung-kampung yang jauh. Untuk itu harus ada perhatian dari pemerintah,” ungkapnya. (KN2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

11 − 3 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir