Sabtu, April 20, 2024

KontraS Papua Barat Soroti Minimnya Fasilitas Pendidikan di SD Inpres Wau, Tambrauw

SORONG, Kasuarinews.id – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) perwakilan Papua Barat menyoroti minimnya perlengkapan fasilitas sarana dan prasarana (Sapras) pendidikan di Sekolah Dasar Inpres 36 Desa Wau, Distrik Abun Kabupaten Tambrauw.
“77 Tahun sudah Indonesia merdeka dan kabupaten Tambrauw telah berusia 13 tahun tetapi fasilitas pendidikan di sejumlah sekolah seperti di SD Inpres Wau sangat memperihatinkan. Bagaimana mau membangun generasi emas Papua asal Tambrauw jika kondisinya begitu? Dinas Pendidikan Tambrauw selama ini kerjanya apa,” tanya Aktivis KontraS Papua Barat, Markus Fatem dalam keterangan pers  (12/9/2022).
Dia menyebut saat mengunjungi sekolah tersebut, pihaknya mendapati minimnya fasilitas sarana dan perasana di sekolah itu meliputi meja, kursi, papan tulis, MCK sekolah, serta rumah guru dan ATK.
“Kendala yang dihadapi warga di desa Wau yaitu masih minim sarana prasarana pendidikan termasuk tenaga guru dan perumahan guru,”kata Fatem.
Menurut Fatem, di saat Indonesia dikatakan maju sebagai negara berkembang dan sejahtera tetapi masih ada warga negara Indonesia khususnya warga masyarakat Papua Barat di daerah terpencil yang tidak mendapatkan pelayanan dan akses publik secara layak.
“Jumlah penduduk di desa Wau mencapai 432 jiwa yang dibagi dalam 2 kampung yakni Wau dan Weyah. Mereka sangat kesulitan memperoleh akses pendidikan dan kesehatan dan membutuhkan perhatian pemerintah Tambrauw melalui OPD terkait. Kami sangat yakin masih begitu banyak sekolah di Tambrauw yang kondisinya lebih parah lagi, ” ujar Fatem. (KN2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

5 + 14 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir