Sabtu, Mei 18, 2024

KPU Papua Barat Gelar Rakor Tahapan Pendaftaran Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2024

MANOKWARI, Kasuarinews.id  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat menggelar rapat koordinasi (Rakor) tahapan pendaftaran verifikasi dan penetapan Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu anggota DPR dan anggota DPRD Pemilu 2024 di salah satu hotel di Manokwari pada, Selasa (2/8/2022) yang dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Papua Barat, Paskalis Semunya.

Ketua KPU Papua Barat, Paskalis Semunya mengatakan sesuai PKPU Nomor 4 Tahun 2022, Parpol calon peserta Pemilu 2024, wajib mendaftar kembali kepengurusan anggota Parpol baik tingkat pusat sampai Kabupaten/Kota ke KPU, baik yang sudah lolos parliamentary threshold dan yang ikut Pemilu legislatif 2019 kemarin maupun partai baru. Dikatakannya, nanti semua Parpol tersebut akan diverifikasi administrasi oleh KPU.

Menurut dia, yang lolos verifikasi admistrasi kemudian akan diverifikasi faktual, kecuali Parpol yang sudah lolos parliamentary threshold di DPR RI yang sudah lolos verifikaksi adminstrasi tidak perlu diverifikasi vaktual.

“Tidak menutup kemungkinan Parpol yang lolos parliamentary threshold, tidak bisa ikut dalam Pemilu Legislatif 2024, jika verifikasi administrasinya gagal secara nasional,” terang Semunya.

Kata dia, saat ini ada kurang lebih 75 partai politik yang telah mendaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI. Dan dari jumlah tersebut sudah ada 39 parpol yang mengambil Sipol. “Di hari pertama pendaftaran saja, sudah ada 9 parpol ynag mendaftar dimana PDI Perjuangan adalah parpol pertama yang mendaftar,” ujar Semunya menambahkan bahwa pendaftaran akan dibuka mulai 1 -14 Agustus 2022. (KN1)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

7 + seven =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir