Sabtu, Mei 18, 2024

KPU Papua Barat Gelar Sosialisasi PKPU No 3 Tahun 2022

MANOKWARI, Kasuarinews.id  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat terus mempersiapkan dan mensosialisasikan secara masif tahapan demi tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang dijadwalkan pelaksanaan Hari Pemungutan Suara (HPS) digelar pada 14 Februari 2024 mendatang. Untuk itu, KPU Papua Barat menggelar kegiatan sosialisasi PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 bertempat di aula KPU Papua Barat, komplek Perkantoran Arfai, Jumat (29/7/2022). Sosialisasi yang ditujukan kepada partai politik ini dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Papua Barat Paskalis Semunya, dihadiri Gubernur Papua Barat diwakili Asisten I Robert Rumbekwan, Asisten III Setda Papua Barat, perwakilan Polda Papua Barat, perwakilan Kodam XVIII/Kasuari, Bawaslu  dan MRP Papua Barat.

Ketua KPU Paskalis Semunya dalam sambutannya mengatakan bahwa PKPU No. 3 berisi tentang tahapan dan jadwal dimana sistem Pemilu perlu dikolaborasikan. Dan tata kelola Pemilu yang utuh harus dimulai dari masa pendaftaran. Dan pada setiap tahapan, kata Paskalis, pihaknya akan selalu melakukan diskusi dengan elemen lainnya seperti parpol, Bawaslu dan lainnya. “Misalnya kita akan selalu diskusi dengan Kesbangpol soal peserta Pemilu dan apa yang kita lakukan hari ini merupakan titik awal,” ujar Paskalis Semunya.

Dia juga mengatakan, sosialisasi yang dimaksudkan adalah terkait informasi tentang tahapan, program dan jadwal Pemilu. Sosialisasi perlu dilakukan bukan hanya pada penyelenggara Pemilu, tetapi peserta Pemilu dan masyarakat luas. “Dengan digelarnya sosialisasi ini, masyarakat terutama partai politik akan memahami bahwa dalam 20 bulan mendatang sudah memasuki masa tahapan pemilu hingga 14 Februari 2024,” ujarnya.

Pada kegiatan sosialisasi ini, Komisioner KPU Papua Barat, Abdul Halim Sidik menyampaikan materi tentang PKPU No. 3 Tahun 2022 dan perwakilan Bawaslu Papua Barat menyampaikan materi tentang  Mengidentifikasi Potensi Pelanggaran dan Sengketa  Proses pada tahapan Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik.

Perlu diketahui dan akan terus disosialisasikan bahwa di  dalam Pasal 3 PKPU No. 3 disebutkan ada 11 point utama pada tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 yakni :

  1. Perencanaan program dan anggaran serta penyusunan pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu.
  2. Pemutakhiran data Pemilih dan penyusunan daftar pemilih,
  3. Pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu,
  4. Penetapan peserta Pemilu,
  5. Penetapan jumlah kursi dan penetapan daerah pemilihan,
  6. Pencalonan presiden/wapres, serta anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota,
  7. Masa kampanye Pemilu
  8. Masa tenang,
  9. Pemungutan dan penghitungan suara,
  10. Penetapan hasil Pemilu,
  11. Pengucapan sumpah/janji presiden/wapres serta anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota. (KN5)
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

five × 2 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir