Jumat, Juli 19, 2024

Kuasa Hukum Korban Pelecehan Seksual di Bintuni Desak Kapolda Lakukan Pengawasan dan Supervisi bagi Kasat Reskrim Polres Teluk Bintuni

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Koordinator Tim Kuasa Hukum  TDW, korban pelecehan seksual oleh oknum Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Teluk Bintuni, MN, Yan Ch. Warinussy, SH mempertanyakan kembali langkah lanjutan penyelidikan atas laporan klien kami di Polres Teluk Bintuni. Klien kami telah membuat Laporan Polisi Nomor : LP/B/52/IV/2022/Papua Barat/Rws Luk Bintuni/SPKT, tanggal 11 April 2022. Laporan tersebut tentang Tindak Pidana Kejahatan terhadap Asusila (cabul).

“Kami telah menandatangi Satuan Reserse Kriminal (Sat.Reskrim) Polres Teluk Bintuni pada hari Rabu, 11/5 lalu. Kami bertemu dengan penyidik pembantu Bripka Ismail Rahakbauw serta Kasat Reskrim Polres Teluk Bintuni Iptu Tomi Samuel Marbun, S.Tr.K. Dimana kami bersama klien kami menyampaikan bahwa pada pihak klien kami menginginkan proses hukum perkara ini tetap berjalan sesuai prosedur hukum sebagaimana diatur dalam UU No.8 Tahun 1981 Tentang Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP),” ujarnya, Jumat (20/5/2022).

Kata Warinussy, meskipun ada upaya yang terus menerus dilakukan oleh oknum terlapor MN dan keluarganya untuk meminta Perkara ini dapat diselesaikan secara kekeluargaan atau melalui hukum adat namun hal tersebut belum dapat diterima oleh klien kami dan suami serta keluaranya selaku pihak korban.

“Saat ini sejauh yang kami ketahui, pihak Polres Teluk Bintuni telah mengirimkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) Nomor : B/14.4a/IV/Res.I/2022/Sat.Reskrim, tanggal 25 April 2022 kepada Kepala Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni. Itu artinya proses hukum makin mengalami kemajuan. Apalagi klien kami selaku pelapor telah diberi tembusan SPDP tersebut sesuai amanat pasal 109 ayat (1) KUHAP sebagaimana telah dikuatkan dengan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor :130/PUU-XIII/2015,” tandasnya.

Untuk itu, kata Warinussy, pihaknya mendesak Kapolda Papua Barat melalui Direktur Reserse Kriminal Umum untuk melakukan pengawasan dan supervisi bagi Kasat Reskrim Polres Teluk Bintuni dan jajaran penyidiknya dalam meneruskan proses hukum perkara ini sebagaimana diatur dalam KUHAP. (KN3)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

12 + thirteen =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir