Jumat, April 19, 2024

Mendagri Tito Karnavian Dipastikan Lantik Pj Gubernur Papua Barat Esok

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian dipastikan akan melantik  penjabat gubernur Papua Barat esok. Selain itu, ada pj gubernur lainnya yang akan dilantik esok yakni dari Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Gorontalo dan Sulawesi Barat.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi Rabu (11/5/2022) seperti dikutip dari Kompas.com.

Menurutnya, sedianya, pelantikan pj gubernur dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Namun saat ini Kepala Negara sedang dalam kunjungan ke Washington DC, Amerika Serikat untuk menghadiri KTT Khusus ASEAN-Amerika Serikat. “Yang melantik Mendagri,” ujar Heru. Agenda pelantikan tersebut juga dibenarkan oleh Staf Khusus Mendagri, Kastorius Sinaga. Menurut dia, lima orang pj gubernur akan dilantik pada Kamis oleh Mendagri Tito Karnavian.

Di Papua Barat, rasa ingin tahu masyarakat soal sosok yang menggantikan Drs. Dominggus Madacan begitu kuat. Bahkan di media sosial dan grup WA , telah beredar undangan pelantikan kepada sejumlah kepala lembaga dan peorangan di Papua Barat. Misalnya, undnagan untuk Gubernur Drs. Dominggus Mandacan, wakil gubernur Mohamad Lakotani,  ketua DPR Papua Barat, Kapolda Papua Barat, Kajati Papua Barat, Sekda Papua Barat, Ketua MRP Papua Barat dan sejumlah lembaga lainnya.

Bahkan dalam udangan dengan agenda pelantikan pj gubernur itu disebutkan bahwa pelantikan akan berlangsung pukul 09.00 WIB di ruang Sasana Bhakti Praja (SBP) Gedung C. Lt.3 Kemendagri, yang teletak di Jalan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat. Para undangan pun dimohon hadir 30 menit sebelum acara dimulai.

Di sisi lain, begitu banyak tersebar informasi hoax mengenai sosok pj gubernur Papua Barat yang dipilih Prsiden Jokowi. Bahkan ada yang sudah menyampaikan ucapan selamat. Pantauan Kasuairnews.id di sejumlah grup WA, ada 2 figur yang dijagokan oleh masyarakat untuk menjadi Pj gubernur  Papua Barat yakni Paulus Waterpauw dan Nathaniel D. Mandacan. “Yang tahu siapa pj. Gubernur Papua Barat hanya Presiden dan Mendagri. Jadi jangan menerka-nerka. Aturan dan syaratnya sudah sangat jelas dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 yaitu pj gubernur (Pj) akan dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo berdasar pengajuan nama dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dan pj gubernur  adalah jabatan pimpinan tinggi (JPT) Madya baik di pusat maupun yang ada di daerah,” ujar seorang narasumber saat dikonfirmasi. (KN2)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

six + four =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir