Sabtu, Mei 18, 2024

Mengawali Tugas, Kadis PMK Tambrauw Dampingi Bupati Bagikan BLT DD bagi Empat Distrik

FEF, Kasuarineews.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Kabupaten Tambrauw Yaconias Ajambuani S.STP, M.Tr. AP yang baru dilantik 21  Mei 2022 lalu mengawali tugas pertama dengan mendampingi penjabat Bupati Tambrauw Engel Kocu untuk menyerahkan Bantuan Langsung Tunai BLT Dana Desa  (BLT DD) di Distrik Amberbaken pada Rabu (8/6/2022).

Dikonfirmasi usai penyerahan, Kadis PMK Tambrauw Jaconias Ajambuani mengatakan bahwa pijakan hukum penyaluran bantuan ini adalah Perpres Nomor 104 Tahun 2021 Tentang Rincian APBN tahun 2022 mengamanahkan 40% Dana Desa dialokasikan untuk BLT DD. Sedangkan bantuan ini sendiri merupakan program jaring pengaman sosial yang ditujukan untuk pemulihan ekonomi masyarakat akibat Pandemi Covid 19.

Menurut dia, penyerahan BLT DD pada tahap ini diberikan kepada warga masyarakat di 4 distrik yaitu Abun, Amberbaken Barat, Amberbaken dan Kasi sedangkan yang lainnya masih dalam proses.

“Saya harapkan seperti yang disampaikan pak Bupati tadi, masyarakat bisa menggunakan bantuan ini dengan bijak. Sesuai peruntukannya, sehingga harapan pemerintah bisa tercapai,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Kadis PMK mengatakan pihaknya akan membangun kemitraan dan koordinasi dengan lembaga terkait dalam hal ini Pemerintah di kampung termasuk dengan Dinas Dukcapil Tambrauw untuk terus melakukan update, verifikasi  dan validasi data terkait warga yang berhak menerima BLT DD. Tujuannya, agar bantuan jaring pengaman sosial ini tepat sasaran sehingga benar-benar bermanfaat bagi warga masyarakat.

Selain itu, kata pihaknya akan melakukan  pendampingan kepada para pendamping kampung sehingga dapat bekerja dengan baik dan benar. “Yang menjadi fokus kita adalah pembenahan SDM. Artinya, kapasitas staf yang ada di Dinas dan para pendamping akan kita tingkatkan dengan membangun suatu tim yang solid dengan mengedenpankan kerja tim, bukan hanya satu atau dua orang saja yang bekerja,” ungkap Ajambuani. (KN2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

20 − 2 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir