Sabtu, Mei 18, 2024

Meriahkan HUT RI Ke-77, Pemprov Papua Barat Gelar Karnaval Budaya

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Plt. Gubernur Papua Barat yang diwakili Asisten II Sekda Papua Barat, Melkias Werinussa  melepas secara resmi Karnaval Budaya Papua Barat dalam rangka menyemarakan HUT ke 77 Kemerdekaan RI Tahun 2022, Sabtu (13/8/2022).

Werinussa dalam sambutannya, mengatakan Pemerintah Provinsi Papua Barat mengapresiasi digelarnya rangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT ke 77 Republik Indoensia yang diinisasi  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Papua Barat. Hal tersebut kata dia, merupakan wujud nyata dari upaya masyarakat Papua Barat untuk melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa, khususnya budaya yang ada di Papua Barat.

“Kegiatan ini patut mendapat dukungan semua pihak, karena sebagai bentuk kegiatan yang akan menumbuhkan semangat patriotisme masyarakat untuk lebih mengenal dan lebih menyemarakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan negeri tercinta ini, dan karnaval budaya yang kita laksanakan ini juga merupakan upaya pemerintah untuk tetap melastariakan kearifan lokal yaitu adat dan budaya,” ungkap Werinussa.

Diakhir sambutan, Werinussa mengajak masyarakat Papua Barat agar melalui kegiatan ini dapat menyemarakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dengan bangga menjadi Orang Indonesia. Serta dengan rangkaian kegiatan yang positif ini, semoga dapat memberikan nilai kebersamaan bagi masyarakat.

Sementara itu, Herman Sayori, Ketua Panitia Karnaval Budaya Papua Barat mengatakan UU Kemajuan Budaya telah mengakui dan menghargai keragaman budaya masyarakat Indonesia, terutama keragaman suku bangsa dan bahasa serta adat istiadat yang membentuk masyarakat Indonesia. Keberagaman inilah yang mendasari kebudayaan Nasional. “Setiap unsur kebudayaan perlu dipertimbangkan untuk dilestarikan, dilindungi, dikelola, dan diperkuat guna membangun kebudayaan nasional,” ujarnya menambahkan karnaval budaya sehari itu bertujuan melestarikan, melindungi, dan memanfaatkan kebudayaan yang ada di Papua Barat. (KN5)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

fourteen − 13 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir