Senin, Juni 17, 2024

Minat ASN Pindah ke Provinsi PBD Minim

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Pj Sekda Provinsi Papua Barat Dance Sangkek kepada awak media, Kamis (5/1/2023) mengatakan bahwa minat ASN di lingkup Pemprov Papua Barat untuk pindah ke Provinsi Papua Barat Daya (PBD) sangat minim. “Untuk pergeseran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi Papua Barat ke Provinsi Papua Barat Daya, Papua Barat diberikan kuota sebesar 153 ASN. Namun sampai saat ini baru 94 ASN di lingkup Pemprov Papua Barat yang bersedia pindah. Dan harus diakui bahwa minat ASN untuk bergeser ke PBD sangat kurang. Dan memang tidak ada paksaan bagi ASN di lingkup Pemprov Papua Barat untuk bergeser ke PBD,” ujar Sangkek.

Menurut Pj. Sekda, dari 94 nama ASN termasuk Pj. Bupati Kabupaten Sorong Yan Piet Mosso dan Kepala Biro Otsus Setda Papua Barat Abner Singgir.

Meski minat ASN untuk bergeser ke Provinsi PBD sangat minim, Dance Sangkek mengatakan hal tersebut sangat wajar. “Hal yang sama juga terjadi saat pemekaran provinsi Papua Barat dulu yang bernama Irian Jaya Barat. Tidak ada yang mau pindah ke Papua Barat.  Kami terpaksa  dari rumah ke rumah  menawarkan namun tidak ada yang mau. Namun dalam perkembangannya saat Provinsi Papua Barat sudah berkembang dengan baik, banyak yang melirik untuk kerja di Papua Barat. Hal yang sama juga bisa saja terjadi di PBD,” jelas Sangkek.

Di sisi lain, salah seorang ASN yang bertugas di lingkungan Sekretariat DPR Papua Barat yang enggan namanya disebut saat dikonformasi terkait hal itu mengatakan dirinya sudah nyaman bekerja di Provinsi Papua Barat. “Untuk pindah ke Provinsi Papua Barat Daya, butuh pertimbangan matang apalagi bagi saya yang sudah berkeluarga dan sudah punya rumah di Manokwari. Di tempat baru butuh penyesuaian lagi termasuk untuk keluarga terutama anak-anak. Apalagi kalo ke sana tidak ada rumah terpaksa harus kontrak lagi. Untuk saat ini, saya sangat nyaman bekerja di Provinsi  Papua Barat,” ujarnya. (KN3)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

5 × 4 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir