Senin, Juni 17, 2024

MRPB Rekomendasikan 7 Nama Ini sebagai Pj. Gubernur Papua Barat Daya kepada Presiden

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Barat merekomendasikan 7 orang nama sebagai calon penjabat gubernur Provinsi  Papua Barat Daya. Hal ini tertuang dalam Surat MRP PB bernomor: 0-7/1814/MRPB/XI/2022 tanggal 18 November 2022 yang ditandatangani oleh Ketua MRPB Maxsi Nelson Ahoren, SE yang ditujukan kepada Menteri Dalam Negeri RI.

Rekomendasi MRPB terhadap 7 nama itu  untuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat orang asli Papua dari wilayah Sorong Raya yang disampaikan kepada pemerintah melalui MRPB tentang situasi dan kondisi kewilayahan serta kepentingan politik OAP yang menyikapi terbentuknya Provinsi Papua Barat Daya. Aspirasi OAP itu mengerucut pada dua hal yaitu (1) penyampaian rasa terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah atas terbentuknya provinsi PBD dan (2) memohon agar penunjukan  penjabat gubernur Papua Barat Daya oleh Presiden berasal dari OPA. Sehubungan dengan itu, MRPB  merekomendasikan 7 nama kepada Mendagri untuk selanjutnya diusulkan kepada Presiden perihal calon penjabat  gubernur  PBD antara lain (1) Prof. DR. Agustinus Fatem, MT (anggota Komisi ASN) (2) Andi Asmuruf, SH, MH (Hakim Tingkat Pratama Madya, Pengadilan Negeri Kota Jayapura. (3) DR. Meky Sagrim, SP, M.Si (Rektor Unipa Manokwari). 4. Frenky Kallex Muguri, SH, MAP (Sekretaris DPR Papua Barat). 5. Lazarus Indou, A.Md.P, SP,  MM (Kepala Dinas Sosial Papua Barat), 6. Anthonius M. Ayorbaba, SH, M.Si (Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat) 7. DR. Yacob Selvinus Fonataba, M.Si (Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Papua Barat).

Dalam rekomendasinya, MRPB menilai 7 nama yang diusulkan itu memenuhi syarat dalam hal golongan, pangkat, kapabilitas, integritas dan pengalaman pengabdian sebagai ASN. (KN5)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

four × three =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir