Sabtu, April 20, 2024

Pemda Mansel Dukung Penuh Budidaya Tanaman Anggur dan Teh di Distrik Neney

RANSIKI, Kasuarinews.id –  Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, ST, M.Si saat berkunjung ke Distrik Neney, Jumat (26/8/2022) mengatakan bahwa Pemda Manokwari Selatan mendukung penuh budidaya dan pengembangan tanaman anggur dan teh di Distrik Neney.

Selain, dua jenis tanaman itu, kata bupati Waran,  di wilayah tersebut juga dikembangkan budidaya tanaman pohon gaharu. “Gaharu punya kegunaan yang sangat besar dalam rangka kebutuhan minyak di negara-negara Arab sehingga nilai jualnya sangat mahal. Kita sedang budidaya di Mansel terutama di distrik Neney,” ungkap bupati Waran.

Lanjut bupati Waran, tanaman pohon gaharu yang dikembangkan di Neney  diberikan oleh Yayasan Miketempos yang dipimpin oleh seorang anak asli Mansel. “Bapak Inden itu lewat yayasan menyumbang sejumlah pohon gaharu untuk dibudidayakan,” jelas bupati menambahkan bahwa pada tahap awal luas areal yang disiapkan untuk budidaya itu sebesar 5 ha. Namun ke depan akan berlanjut hingga 1000 ha.

“Lahan 5 ha  selain untuk budidaya pohon gaharu juga untuk budidaya pohon anggur dan teh. Dan tanaman-tanaman itu akan dikelola sendiri masyarakat lewat yayasan sedangkan pemerintah daerah memberikan suport pendanaan lewat bantuan hibah,” kata bupati.

Bupati juga mengatakan, dari penelitan terhadap kondisi dan struktur tanah, Distrik Neney sangat cocok untuk pengembangan anggur dan teh. “Untuk gaharu sendiri belum dilakukan penelitian lebih jauh apakah tanah di situ cocok atau tidak. Tapi yang pasti, tanah di distgrik Neney sangat cocok untuk budidaya anggur dan teh,” ujar bupati. (KN3)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

twelve + eleven =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir