Senin, Juni 17, 2024

Pemeriksaan Dugaan Korupsi Dana Hibah Pemuda Katolik Rampung, Aspidsus: Penetapan Tersangka Awal 2023

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Abun Hasbullah Syambas, SH.,MH, Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tinggi Papua Barat mengatakan Jaksa penyelidik pada Kejaksaan Tinggi Papua Barat telah merampungkan sejumlah pemeriksaan terkait dugaan korupsi dana hibah bagi organisasi Pemuda Katolik Komda Papua Barat. “Pemeriskaan terhadap perkara itu dinyatakan cukup dan dalam waktu dekat, penyidik jaksa akan menetapkan tersangkanya,” ungkap Abun Hasbullah Syambas, Sabtu lalu.

Kata dia, pihaknya kini hanya tinggal menunggu Perhitungan Kerugian Keuangan Negara (PKKN) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), sebagai dasar penetapan tersangka. Informasi yang diterimanya, BPK pusat menjadwalkan PKKN atas dugaan korupsi itu terjawab di awal tahu 2023. “PKKN masih dihitung. Dijadwalkan awal tahun 2023. Kita menunggu itu, karena kita akan langsung melakukan penahanan,” katanya.

Sejauh ini penyidik kejaksaan telah memanggil dan melakukan pemeriksaan terhadap Mantan Ketua Pemuda Katolik Papua Barat, beserta Panitia Lokal dan beberapa pengurus Pemuda Katolik baik di tingkat Wilayah maupun Daerah.

Pemberian dana hibah sebesar Rp 3 Milyar untuk kegiatan Kongres Pemuda Katolik disinyalir bermasalah, Kongres Pemuda Katolik yang saat itu dijadwalkan digelar di Raja Ampat, Papua Barat pada Tahun 2021 terpaksa dialihkan di luar Papua Barat tepatnya Semarang, sementara anggaran Rp 3 Milyar telah dicairkan kepada Panitia. (KN5)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

14 − 13 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir