Sabtu, Mei 18, 2024

Pemkab Mansel Launching Program Otsus

RANSIKI, Kasuarinews.id – Bupati Manokwari Selatan (Mansel) Markus Waran, ST, M.Si kepada awak media di ruang kerjanya, Rabu (8/6/2022) mengatakan Pemkab Mansel telah melakukan launching program dan kegiatan Otsus. Hal ini disampaikan bupati Waran usai memimpin pertemuan dalam  rangka launching program dan kegiatan Otsus tahun 2022 dan pengusulan tahun 2023.

Menurut Bupati Waran, khusus untuk dana Otsus saat ini sedang dilakukan penyesuaian. “Kita sudah launching program. Artinya, nanti setiap OPD akan mengusulkan program dan kegiatan yang pembiayaannya dari dana Otsus di luar dana-dana lain seperti DAK dan DAU. Untuk DAU Mansel sendiri akan diprioritaskan bagi pembangunan kantor bupati,” ujar Markus Waran menambahkan dengan dilakukana launching maka setiap OPD dapat mengusulkan program yang dibiayai dari dana Otsus.

Kata Bupati Waran,  program-program yang diusulkan OPD diupayakan agar semuanya dapat diakomodir dalam kegiatan karena bertujuan untuk melayani masyarakat di tanah Papua terutama di Kabupaten Manokwari Selatan.

Soal berapa presentasi bagi setiap OPD, bupati Markus Waran menegaskan tidak ada presentasi. “Artinya, tidak ditetapkan misalnya OPD A mendapat sekian persen, OPD B sekian persen dan seterusnya. Hitungannya tidak begitu karena semuanya diusulkan dalam bentuk program dan kegiatan,” terang Waran.

Program dan kegiatan yang diusulkan oleh setiap OPD itu ketika dibawah ke pusat akan diverifikasi tim dari Kementerian Keuangan dan Bapenas. “Nah, jika program yang diusulkan itu tidak konek dengan nomenklaturnya maka program tersebut tidak masuk. Dan yang menjadi prioritas utama yaitu perhubungan, infrastruktur dasar yang bertujuan membangun konektivitas antar kampung, distrik, ibukota kabupaten  dan seterusnya termasuk air bersih, jembatan, jalan dan lainnya,” ungkap bupati.

Khusus untuk Mansel, lanjut Markus Waran, program  yang diusulkan diarahkan untuk mendukung program  Sail Teluk Cendrawasih serta sejumlah icon yang dipersiapkan Pemda Mansel seperti Hutan Mangrov di Oransbari, hutan lindung Momiwaren, termasuk Gunung Botak. “Misalnya, akses jalan ke tempat-tempat itu, termasuk jika perlu penerangan harus dipersiapkan,” terang Waran. (KN2)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

sixteen + seven =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir