Senin, Juni 17, 2024

Pemuda Katolik Diminta Tidak Alergi dengan Politik Praktis

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Pemuda Katolik di Provinsi Papua Barat diminta tidak alergi dengan politik praktis. Hal ini merupakan salah satu benang merah yang dapat ditarik dari  dua orang narasumber saat menyampaikan materi pada Rakerda Pemuda Katolik Komda Papua Barat di salah satu hotel di Manokwari pada Sabtu (5/11/2022).

Mantan Ketua MRP Papua Barat yang kini bertugas di Biro Otsus Setda Papua Barat, Vitalis Jumte meminta agar Pemuda Katolik tidak perlu takut terlibat dalam dunia politik dengan mempersiapkan kadernya agar ikut berkontestasi pada Pemilu 2024. “PK sebagai organisasi kader harus mampu mempersiapkan Pemuda Katolik agar dapat terjun ke dunia politik. Itu hanya dapat dilakukan jika PK mau masuk dan terlibat dalam partai politik. Tapi saya kasih ingat, harus masuk ke Partai Politik yang punya pengaruh dan tegak lurus menjaga Pancasila, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945,’ ungkap Vitalis.

Selain mendorong PK agar mempersiapkan kadernya agar terlibat dalam partai politik, Vitalis juga meminta agar PK Komda Papua Barat dapat mempersiapkan kader untuk masuk ke parlemen lewat jalur Otsus yaitu DPR provinsi maupun kabupaten/kota terutama untuk quota perempuan. “Banyak orang Katolik alergi terlibat dalam politik praktis  apalagi terlibat dalam partai politik. Saya minta PK harus banyak terlibat dalam partai politik,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Papua Barat  Emanuel Semuanya menyarankan agar kader PK yang ingin terjun ke dunia politik harus melalui partai Politik karena jika terpilih kelak menjadi anggota dewan akan lebih produktif menggunakan hak legislasinya ketimbang DPRK yang hanya hadir  menghiasi DPR tetapi tidak punya kewenangan lebih yang dijamin UU untuk memperjuangkan aspirasi rakyat. “Kalo mau terlibat dalam politik praktis dan jadi anggota dewan saya saran, masuk lewat parpol daripada lewat jalur Otsus,” ujar Semunya. (KN2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

eleven + two =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir