Jumat, April 19, 2024

Pentingnya Arsip sebagai Simpul Pemersatu Bangsa, Dinas Kearsipan Papua Barat Gelar Bimtek Kearsipan

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Kearsipan bagi Organsiasi Masyarakat, Organisasi Politik dan BUMD sangat penting sebagai simpul pemersatu bangsa, serta melestarikan sejarah daerah.

Hal ini dikatakan oleh Pj. Gubernur Papua Barat lewat Kepala Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan Papua Barat Abdul Fatah, S.Pd,  MM usai membuka kegiatan Bimtek Kearsipan yang bertempat di sebuah hotel di Manokwari beberapa waktu lalu.

“Setiap OPD, BUMD, Ormas, dan Parpol serta BUMD dapat mengelola arsip di lingkungannya masing-masing sesuai dengan UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan. Pengelolaan arsip meliputi rekaman kegiatan dan peristiwa yang terdokumentasi dalam betnuk baik secara tertulis, audio, maupun audio visual,” jelas Abdul Fatah.

Menurut dia, arsip itu bernilai sejarah sehingga perlu didokumentasikan dengan baik dan benar agar disimpan. “Misalnya, kita di Papua Barat setiap tahun merayakan HUT PI namun sayangnya arsip sejarahnya belum ada, juga soal sejarah pemekaran Provinsi Papua Barat yang tidak ada arsipnya. Hal itu memperlihatkan bahwa arsip itu sangat penting karena bernilai historis,” ujar Abdul Fatah.

Kata dia, UU Nomor 23 Tahun 2014 jelas mengatur tentang kearsipan wajib diatur oleh pemerintah, karena kearsipan telah masuk perhatian serius Pemerintah Pusat.

Ditambahkannya, dalam Bintek yang dilaksanakanselama 2 hari itu, diberikan materi panduan teknis khususnya arsip dinamis yang sementara dipergunakan oleh OPD, BUMD, Ormas, dan Parpol, contohnya pembuatan naskah dinas. (KN2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

20 + 6 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir