Sabtu, Mei 18, 2024

Peran Khusus Yan Waris saat Anggota KKB Bunuh 4 Prajurit di Pos TNI Maybrat

MAYBRAT, Kasuarinews.id – Polisi menangkap Yan Waris Sewa alias Titus Sewa (26), anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang masuk DPO alias buron kasus penyerangan Pos TNI di Maybrat, Papua Barat. Yan Waris terungkap memiliki peranan khusus dalam membantu terbunuhnya empat prajurit TNI.
Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Adam Erwindi mengatakan penyerangan Pos TNI itu terjadi pada Kamis, 2 September 2021 lalu pada pukul 03.00 WIT. Sedikitnya ada 30 anggota KKB yang melakukan penyerangan, termasuk Yan Waris.

Saat penyerangan berlangsung, prajurit sedang tertidur sehingga para anggota KKB dengan mudah melakukan pembantaian. Penyerangan itu juga tak luput dari peran khusus dari Yan Waris, yakni membantu mengawasi lokasi sekitar saat penyerangan Pos TNI di Maybrat dilakukan.

“(Peran khusus dari Yan Waris) Mengawasi situasi di luar saat rekan-rekannya melaksanakan pembantaian,” ungkap Kombes Adam Erwindi dalam keterangannya seperti dikutip dari detik.com (21/10/2022).

Menurut Adam Erwindi, para anggota KKB melakukan penyerangan menggunakan parang. Akibatnya empat anggota TNI gugur.

Keempat anggota TNI AD yang meninggal dunia tersebut masing-masing adalah Serda Amrosius, Praka Dirham, Pratu Zul Ansari dan Lettu Chb Dirman.

Penangkapan Yan Waris
Yan Waris Sewa ditangkap di rumah keluarganya di Kampung Susumuk, Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat, Jumat (14/10). Dia disergap aparat kepolisian sekitar pukul 06.00 WIT.

“DPO ini ditangkap di rumah keluarganya yang berada di Kampung Susumuk Distrik Aifat Maybrat,” tutur Adam Erwindi.

Polisi awalnya mengamankan 17 orang di lokasi. Tapi berdasarkan pemeriksaan, 16 orang lainnya terbukti tidak terlibat penyerangan prajurit TNI sehingga dibebaskan.

“Saat dilakukan penangkapan ada 17 orang yang diamankan. Namun di antara mereka 1 orang merupakan DPO kami. Sedangkan sisanya kami kembalikan,” katanya.(dtc/KN5)

 

 

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

one + 16 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir