Senin, Juni 17, 2024

Peresmian dan Pelantikan Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Dipercepat Awal Desember

SORONG,Kasuarinews.id-Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Sorong, Senin (21/11/2022) kepada awak media mengatakan, peresmian dan pelantikan penjabat gubernur Papua Barat Daya akan dipercepat. “Peresmian provinsi Papua Barat Daya akan digelar bersamaan dengan pelantikan penjabat gubernur. Seharusnya, butuh waktu 6 bulan untuk persiapan pengresmian dan pelantikan tetapi untuk PBD dipercepat  pada awal Desember 2022,” ungkap Wetipo.

Menurut Wetipo, pemerintah pusat mempercepat peresmian dan pelantikan Pj gubernur Papua Barat Daya karena akan dilakukan penyusunan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD). “Jadi penjabat gubernur yang dilantik akan memimpin organisasi perangkat daerah (OPD) baru di daerah otonomi baru (DOB) Papua Barat Daya untuk menyusun APBD di tahun 2023. Makanya kalau sudah diundangkan, kita percepat saja peresmian dan pelantikan penjabat Gubernurnya,” ujar Wetipo.

Sebagai informasi, Wamendagri  John Wempi Wetipo melakukan kunjungan kerja, ke Kota Sorong, Senin (21/11/2022) bersama dengan DPR RI dan DPD RI  dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan pemerintahan Provinsi Papua Barat Daya.

Di sisi lain, Pj Wali Kota Sorong, George Yarangga saat pertemuan dengan Wamendagri, Komisi II DPR RI dan Komite I DPD RI mengatakan pengesahanan UU DOB Papua Barat Daya disambut hangat  masyarakat Sorong Raya.

Menurut Yarangga, Pemkot Sorong akan menyiapkan kantor pemerintah Papua Barat Daya sementara di komplek kantor Wali Kota Sorong karena Kota Sorong ditetapkan sebagai ibukota Provinsi PBD. “Perjuangan DOB Papua Barat Daya ini memakan waktu kurang lebih 20 tahun, dan ini menjadi kerinduan warga Sorong Raya,” ungkap dia.

Provinsi Papua Barat ini mencakup  Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Raja Ampat, Kabupaten Maybrat, dan Kabupaten Tambrauw. (KN1)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

twenty + nine =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir