Senin, Juni 17, 2024

Pimpin Upacara Harlah Pancasia, Bupati Waran Gelorakan Semangat Kebangsaan

RANSIKI,  Kasuarinews.id Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, ST, M.Si pada Rabu (1/6/2022) kemarin memimpin upacara Peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila di Lapangan Garuda Ransiki.

Dalam amanatnya, Bupati Markus Waran menggaungkan  dan menggelorkan semangat kebangsaan dan Cinta Tanah Air dengan selalu menghargai sejarah dan terusa membaharui komitmen untuk terus menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Bupati Waran mengingatkan agar warga negara Indonesia terutama yang ada di Kabupaten Manokwari Selatan harus menerima dan bangga akan kodrat dan takdirnya sebagai orang Indonesia. “Kita harus terima dan bangga akan kodrat kita yang lahir dan besar di Indonesia. Artinya apa? Kita lahir, tumbuh dan besar diu Indonesia yang terdiri dari beragam suku, agama, budaya, ras, bahasa dan lainnya. Sifat pluralitik itu tidak dapat diingkari dan harus diterima. Itu kenyataannya,” ungkap Waran.

Dalam kemajemukan itu, kata Waran, sebagai anak bangsa kita harus bengga dan bersyukur karena Pancasila yang menyatuhkan pelbagai perbedaan tersebut sehingga harus terus dirawat dan dijaga. “Kita harus belajar dari pengalaman bangsa lain yang meski memiliki suku yang sedikit tetapi terancam bubar dan terpecah-pecah karena perang saudara, radikalisme, konflik sosial serta terorisme. Kita di Indonesia tidak. Mengapa kita tidak seperti itu? Karena Pancasila yang mengikat kita,” tandas Waran sambil meminta seluruh warga masyarakat selalu membangun komitmen untuk tetap setia pada Pancasila, UUD 1945, NKRI,  serta Bhineka Tunggal Ika.

Dan di tengah perubahan zaman dan arus global, Waran meminta agar seluruh anak bangsa selalu waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak selaras dengan Pancasila yang dapat memecah-belah kesatuan bangsa. “Mari kita terus jaga, rawat dan membumikan  4 pilar hidup berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” ujar Waran. (KN3)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

two × 3 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir