Jumat, April 19, 2024

Pj. Bupati Tambrauw Engel Kocu Bagikan BLT Dana Desa dan Serahkan SK Kepala Kampung di Amberbaken

FEF, Kasuarinews.id – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Kabupaten Tambrauw terus terus berlangsung. Menghadiri langsung proses penyaluran bantuan ini di Distrik Amberbaken,  penjabat Tambrauw Engelberthus Gabriel Kocu, S. Hut, MM meminta warga penerima bantuan bisa bijak memanfaatkan bantuan tersebut.

Presiden Joko Widodo, melalui Perpres Nomor 104 Tahun 2021 Tentang Rincian APBN tahun 2022 mengamanahkan 40% Dana Desa dialokasikan untuk BLT DD. Sedangkan bantuan ini sendiri merupakan program jaring pengaman sosial yang ditujukan untuk pemulihan ekonomi masyarakat akibat Pandemi Covid 19.

Dalam kesempatan itu Bupati Engel Kocu menuturkan, “saya harapkan masyarakat penerima manfaat bisa bijak memanfaatkan bantuan ini,” ujarnya dalam penyaluran bantuan BLT DD di Distrik Amberbaken, Rabu (8/6/2022).

Bupati Kocu menambahkan, bersyukur penyaluran bantuan ini bisa berjalan lancar dan baik. “Di Kabupaten Tambrauw hanya kurang beberapa distrik saja yang belum menyelesaikan penyaluran dan semoga semua berjalan dengan lancar dan kita sangat bersyukur,” ujar bupati.

Bupati Kocu mengatakan penyaluran BLT DD jika dilakukan dengan baik dan benar bisa menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Tamrbauw. Kemudian juga bisa membawa manfaat untuk perbaikan gizi dan perbaikan perekonomian sehingga masyarakat bisa bertahan dengan baik dimasa pandemi ini.

“Harus sama sama kita ketahui, bantuan BLT DD ini ditujukan untuk perbaikan gizi. Maka dari itu tidak boleh digunakan untuk hal hal yang lain. Jadi hanya boleh untuk beli beras, susu anak, dan disimpan untuk perbaikan gizi anak-anaknya maupun keluarga,” ungkap Engel Kocu.

Dia juga mengatakan bahwa bantuan tersebut juga dapat dijadikan sebagai menjadi modal usaha, sehingga nantinya bisa menjadi sumber tambahan penghasilan bagi keluarga.

Selain itu, Bupati pada kesempatan ini mengingatkan pihak-pihak terkait mulai dari Pemerintah Kampung, Dinas PMK, Disducapil agar saling mendukung khususnya untuk melakukan validitas data warga yang berhak menerima BLT DD. Oleh karena itu dana penerima harus diu

Singkronkan setiap periode. “Jadi mana yang sudah mampu bisa digantikan diberikan kepada warga lain yang dianggap layak mendapatkan bantuan,” ujar Bupati.

Selain memberikan bantuan BLT Dana Desa, pada kesempatan ini Penjabat Bupati Engel Kocu juga menyerahkan SK Kepala Kampung definitif periode 2022-2027 bagi 16 kampung. “Saya berhadap agar pemberian SK kepala kampung definitif ini semakin mendorong saudara sekalian agar bekerja dengan baik dan benar demi memajukan masyarakat yang ada di kampung,” ujar Kocu. (KN3)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

five + 19 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir