Sabtu, April 20, 2024

Pj. Gubernur Papua Barat Minta Kepala Daerah Gencar Lakukan Sosialisasi Kebijakan Otsus Jilid 2

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Pj. Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw kepada awak media usai penyerahan Raperda APBD tahun 2023 di salah satu hotel di Manokwari Senin (5/12/2022) menginstruksikan kepada bupati/walikota, pimpinan OPD, Forkopimda agar lebih gencar melakukan sosialisasi tentang arah kebijakan program pembangunan  dalam kerangka Otonomi Khusus 2. “Saya minta para kepala daerah dan pimpinan OPD gencar lakukan sosialisasi Otsus jilid 2 kepada masyarakat dengan melibatkan media online, televisi dan radio,” ungkap Waterapuw.

Menurut Waterpauw, seluruh elemen masyarakat Orang Asli Papua (OAP)  harus mengetahui dan memahami pelaksanaan program Otsus di tanah Papua. “Masyarakat harus tahu karena dalam UU Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otsus penjabarannya ada di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 106 tentang kebijakan kewenangan dan PP- 107 tentang keuangan dan turunannya itu sudah kita buatkan 21 Perdasus dan juga Perdasi,” jelas Waterpauw.

Kata Waterpauw, dari 21 Perdasus dan Perdasi setelah dilakukan harmonisasi ke Kementerian Dalam Negeri dari 21 regulasi tersebut ada dua yang nomor registrasinya belum dikeluarkan yakni menyangkut  kewenangan perangkat daerah dan kepolisian daerah.

“Bagi saya, hal itu sudah bagus. Artinya,  98,9% sudah disetujui dan dalam waktu dekat mudah-mudahan bisa direalisasikan dengan peraturan turunan,” ungkap Waterapuw.

Dia juga menegaskan bahwa Pemprov Papua Barat akan melanjutkan dalam  peraturan daerah khusus dan peraturan daerah provinsi, juga akan diturunkan peraturan gubernur (Pergub) dan peraturan bupati dan peraturan  walikota.

“Masyarakat berpikir Otsus gagal karena pemerintah sendiri belum maksimal melakukan sosialisasi kepada masyarakat.  Dan hal ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk sama-sama berpikir. Dan bagi saya, sosialisasi harus diintensifkan. Dan  benar ada surat edaran dari Mendagri yang ditandatangani oleh Wamendagri untuk mewajibkan kita mensosialisasikan UU Otsus jilid 2 ini,” tandas Waterpauw. (KN4)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

one × 2 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir