Sabtu, Juli 20, 2024

Pj. Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw Pimpin Upacara HUT ke-77 RI

MANOKWAI, Kasuarinews. id – Pejabat gubernur Papua Barat, Komjen (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si menjadi inspektur upacara pengibaran  bendera pada peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia yang berlangsung Rabu (17/8/2022) di Stadion Sanggeng. Sedangkan komandan upacara adalah Mayor Inf. Herik Prasetiawan yang seharinya adalah Komandan Yonif 761/Kibibor Akinting.

Peringatan detik-detik proklamasi dimulai pukul 10.00 Wit ditandai laporan komandan upacara kepada Irup, pembacaan teks Proklamasi oleh ketua DPR Papua Barat dilanjutkan dengan pengibaran duplikat bendera yang didahului dengan pembacaan doa oleh Kakanwil Kementerian Agama  Papua Barat Luksen Jems Mayor, S.Sos. Kemudian pasukan pengibar  bendera pusaka (Paskibra) melaksanakan tugas mengibarkan bendera. Komandan Paskibra adalah Letda Inf.  Ferdyan Permana (Danton SLT Yonif 761/KA) dan pengibar bendera  yaitu Alfaris Rafideso (SMA 2 Kaimana), Martin Rumaseb (SMA 2 Manokwari), Valentiono Kalengkongan ( SMA 1 Ransiki) serta pembawa baki Barbalin Naomi  Kumewa (SMA 2 Kaimana). Pasukan pengibar bendera Pusaka ini akhirnya dengan sukses  menunaikan tugas yang diembannya dengan sempurna.

Upacara ini diikuti oleh TNI/Polri, pimpinan OPD di lingkup Pemprov Papua Barat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat dan para pelajar. Pada kesempatan ini peserta upacara  yang hadir di GOR Sanggeng disuguhkan dengan alunan lagu-lagu yang dibawahkan oleh Gita Bahana Pelajar Papua Barat.

Usai upacara kepada awak media, Paulus Waterpauw yang baru pertama kali bertindak sebagai inspektur upacara mengungkapkan rasa haru yang sangat mendalam. “Setelah pensiun dari Polri, ini adalah pertama kalinya saya menjadi Irup dalam kapasitas  sebagai Pj Gubernur Papua Barat. Saya  terharu apalagi saat menyerahkan bendera kepada pembawa baki untuk dikibarkan. Memang ini hal baru namun karena negara memberikan tugas maka harus dijalankan dengan penuh tanggungjawab,” ujar Waterpauw mengharapkan semoga ke depan jauh lebih baik.

Dia juga memberi apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, tokoh  masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh  pemuda, perempuan serta pemerintah daerah Kabupaten/ Kota yang sudah menjaga situasi aman kondusif sehingga pelaksanakan upacara ke-77 kemerdekaan RI tahun 2022 berjalan penuh khimad.

“Euforia masyarakat dalam merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI begitu besar dan luar biasa. Saya lihat sendiri, masyarakat dengan kesadaran memasang bendera merah putih dengan berbagai ornamen budaya yang ditata begitu apik di tempat tinggal masing-masing. Hal itu menunjukan ada semangat kemerdekaan bersama,” ungkapnya.

Kata Waterpauw, tema HUT RI ke-77 adalah “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat,” hendak memberikan semangat baru kepada seluruh warga masyarakat terutama di Papua Barat agar dapat bangkit bersama menatap masa depan menjadi bangsa yang kuat setelah 2 tahun dihantam pandemi Covid-19.

“Semangat 17 Agustus 2022 dapat memberikan pemulihan dan bangkit dalam arti semangat kebersamaan untuk memperjuangkan  kehidupan bersama menjadi lebih baik. Mari kita saling melengkapi, kalau masih ada kurang-kurang ya itu bagian dari kehidupan manusia butuh komunikasi yang baik,” terang Waterpauw. (KN5)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

sixteen − twelve =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir