Rabu, November 29, 2023

PMI Manokwari Kembali Gelar Vaksinasi Covid-19, Sasar OAP

MANOKWARI, Kasuarinews.id – PMI Cabang Manokwari pada Senin (1/11/2021) bekerjasama dengan PMI Papua Barat dan ICRC kembali menggelar proses vaksinasi Covid-19 bertempat di Kantor PMI Manokwari.

Ketua PMI Manokwari, H. Yusran mengatakan, sampai saat ini PMI Manokwari telah menggelar proses vaksinasi sebanyak 4 kali. “Sampai saat ini sudah 4 kali dan pada hari Rabu (3/11) akan dilakukan lagi vaksinasi di Kampung Macuan, SP 5, Prafi,” ungkap Yusran.

Kata dia, proses vaksinasi ini diperuntukan bagi seluruh warga masyarakat dengan sasaran utama yaitu masyarakat asli Papua. “Yang kita sasar adalah masyarakat asli Papua karena keikutsertaan masih rendah. Contohnya saja, dari 4 kali vaksinasi Covid-19 yang dilakukan PMI Manokwari, sangat sedikit masyarakat asli Papua yang ikut. Bahkan saat PMI menggelar vaksinasi Covid-19 di dataran Prafi beberapa waktu lalu, hampir tidak ada orang asli Papua yang ikut vaksinasi. Nah, untuk vaksinasi hari ini, dari kurang lebih hampir 200-an pendaftar sampai pukul 11.00 Wit, OAP masih kurang dari 10 orang,” ungkap H. Yusran.

Menurut dia, keengganan OAP untuk mengikuti proses vaksinasi Covid-19 disebabkan karena begitu banyaknya berita hoax yang tersebar di media sosial. “Terlalu banyak berita yang tidak benar di media sosial sehingga warga enggan mengikuti vaksinasi. Dalam situasi seperti ini, masyarakat tidak bisa disalahakan. Untuk itu, dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk ikut membantu melakukan sosialisasi akan pentingnya vaksinasi Covid-19,” ungkap Yusran.

READ  Gelorakan Semangat Nasionalisme, DPC PDI Perjuangan Manokwari Gelar Konvoi Merah Putih

Yusran mengakui bahwa memang terjadi tren penurunan angka positif Covid-19, namun ia meminta warga masyarakat tidak lantas melakukan euforia berlebihan namun terus disiplin menjalankan protokol kesehatan. “Jangan pernah kendor untuk menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada terutama dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Selain itu, mengikuti vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu cara untuk dapat membentengi diri dan keluarga sehingga masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi dapat segera mengikutinya untuk melindungi diri sendiri dan membentuk kekebalan komunal dalam masyarakat,” tandas Yusran.(Omar)

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir

error: Content is protected !!